Ber’doa ditolak oleh bioskop inggris untuk tidak ditayangkan

doa
Image captionAsosiasi bioskop menganggap, penayangan doa Kristen bisa melanggar hak orang-orang beragama lain.

Gereja Inggris mengatakan “kecewa dan bingung” oleh penolakan sejumlah bioskop terkemuka di Inggris yang menunjukkan sebuah iklan yang menampilkan pembacaan doa.

Gereja menyebut keputusan itu “konyol” dan memperingatkan bahwa hal itu bisa mengakibatkan dampak besar pada kebebasan berbicara.

Diharapkan tayangan berdurasi 60 detik ini akan diputar di seluruh Inggris sebelum Natal menjelang film Star Wars yang baru.

Badan yang menangani sejumlah iklan untuk bioskop-bioskop mengatakan hal itu bisa menyinggung orang-orang “yang berbeda agama dan keyakinan”.

Iklan ini menampilkan doa orang-orang Kristen yang dibacakan atau dinyanyikan oleh berbagai orang.

Mereka terdiri dari para pengungsi, anak-anak yang sedang berduka, para olahragawan di gym, seorang penggembala, paduan suara Injil dan Uskup Agung Canterbury, Pendeta Justin Welby.

Kehidupan sehari-hari

Iklan ini diloloskan oleh Dewan Klasifikasi Film Inggris dan serta mendapat izin dari Otoritas Iklan Cinema.

Namun, Digital Cinema Media (DCM) lembaga yang menangani iklan film Inggris untuk jaringan bioskop besar, Odeon, Cineworld dan Vue, menolak untuk menayangkan iklan tersebut karena meyakini hal ini berisiko menjengkelkan atau menyinggung penonton.

doa
Image captionSebuah adegan dalam iklan doa yang ditolak bioskop-bioskop Inggris

Dalam sebuah pernyataan, DCM mengungkapkan kebijakan untuk tidak menerima konten iklan politik atau agama di bioskop-bioskopnya.

Dikatakan bahwa “beberapa iklan – sengaja atau tidak – dapat menyebabkan pelanggaran hak kalangan yang berbeda paham politik, serta orang-orang berbeda agama dan keyakinan,” dan bahwa “dalam hal ini, DCM memperlakukan semua keyakinan politik atau agama sama”.

Pendeta Justin Welby mengatakan ia menganggap keputusan itu “luar biasa”.

“Iklan ini sama menyinggungya dengan misa gereja pada hari Natal,” katanya.

“Seharusnya , biarkan orang-orang menilainya untuk diri mereka sendiri daripada harus disensor atau didikte.”

Pendeta Arun Arora, direktur komunikasi Gereja Inggris, mengatakan: “Kami menganggap hal ini benar-benar mengagetkan, mengecewakan dan agak membingungkan.

Kemungkinan banyak keluarga yang menghadiri rilis film Star Wars baru itu tampaknya merupakan kesempatan yang baik untuk meluncurkan iklan dan situs baru justpray.uk untuk mempromosikan doa menjelang Natal.

Doa ini dibacakan oleh miliaran orang di seluruh dunia setiap hari, dan negeri ini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari seperti itu selama berabad-abad.”

Membuat orang-orang berpikir

Ia menambahkan: “Keputusan bioskop ini benar-benar konyol, tetapi kenyataan bahwa mereka telah bersikeras atasnya, membuatnya lebih mengguncangkan dalam hal membatasi kebebasan berbicara.”

Dia menyarankan orang-orang untuk melihat situs, menonton film dan berpikir “apakah mereka harus marah atau tersinggung dengan hal itu”.


Image captionGereja menganggap penolakan itu konyol, namun organisasi sekuler menyebut gereja ‘bersikap angkuh.’

Stephen Slack, kepala penasihat hukum Gereja, memperingatkan pelarangan iklan ini bisa “menimbulkan kemungkinan proses hukum” di bawah Undang-Undang Kesetaraan, yang melarang organisasi komersial menolak layanan atas dasar agama.

Penolakan untuk menayangkan iklan tersebut kemungkinan bisa memicu kembali perdebatan tentang agama dan keyakinan di arena publik, terutama Kristen, dan apakah menahan kebebasan berekspresi bagi sejumlah penganut kepercayaan.

Tapi Terry Sanderson, presiden National Secular Society (Masyarakat Sekular Nasional), mengatakan: “Gereja Inggris bersikap angkuh dalam membayangkan memiliki hak otomatis untuk mempedaya para penonton yang telah membayar untuk pengalaman yang sama sekali berbeda.

“Gereja tidak akan ragu-ragu untuk melarang hal-hal yang dianggap tidak pantas dari ruang gereja sendiri – seperti yoga. Jaringan bioskop hanya melaksanakan hak yang sama.”

source:bbc.com

About Zfirdaus

Check Also

CnASlOsUsAE9Jfk

Foto-Foto dari Film Kartini yang Dapet Banget Kesan Lawasnya

Sutradara kawakan Indonesia, Hanung Bramantyo kembali dalam proses pembuatan film. Kali ini, bapak 4 orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *