Home / Trending / Sneakers, Bukan Snack tapi Alas Kaki

Sneakers, Bukan Snack tapi Alas Kaki

Kawan Urban. Kalo ngomongin soal sneakers pasti yang dipikirkan kita adalah sepatu running casual kayak NB, Nike atau Adidas. Sebenernya nih, kalo Kawan Urban belum tau, ada cerita dan sejarah dibalik sepatu yang biasa kita pake sehari-hari.

american_rubber

Flashback ke abad 18, dimana orang-orang memakai rubber soled shoes yang bernama plimsolls. Tapi, sepatu ini masih terlihat kasar dan kaku, terlebih lagi kurang nyaman dipake buat jalan sama gebetan. Saking kakunya, sepatu saat itu susah buat bedain mana sebelah kiri, mana yang sebelah kanan.

Nah loh kalo ketuker gimana?

0f34a0d20eadb1f0a4d3614d549ca659

Lalu sekitar tahun tahun 1892 U.S Rubber Company memperkenalkan sepatu karet yang lebih nyaman dipake dengan bahan kanvas, yang disebut sepatu keds. Nah kalo ini Kawan Urban pasti dah gak asing lagi kan di telngi Kawan Urban? Nah di tahun 1917, mulai deh di produksi secara massal. Pada masa itu sepatu keds, disebut juga sneakers.

Di tahun yang sama, Om Marquis Converse memproduksi sepatu khusus pertama yang hanya untuk bermain bola basket. Itu loh Kawan Urban.. Converse All-Stars. Sepatu yang udah gak asing lagi buat kawan Kawan Urban. Ibaratnya sepatu converse All Stars udah kayak sepatu segala medan, buat di Indonesia yaah hahahaha..

18-converse-non-skid-basketball-shoe-ad

Back to topic, Om Marquis Converse bersama Indiana Hoops, tim basket asal AS, dengan pemain bintangnya yang bernama Chuck Taylor mendukung produksi sepatu ini. Yang akhirnya, dikenal sebagai Chuck Taylor All Star. Pada masa itu sepatu ini menjadi sepatu basket terlaris sepanjang masa.

So.. Kawan Urban, sepatu yang Kawan Urban pake buat sekolah bahkan sampe dipake buat naik gunung itu (hahaha). Pada awalnya diproduksi untuk main basket. Nah terus, kalo sekarang kok jadi berbeda fungsinya?

Nike-1-4-950x507
Seiring perkembangan jaman dan teknologi pembuat sepatu semakin canggih. Sepatu-sepatu mulai diproduksi secara massal sesuai kebutuhannya. Brand-brand sepatu terkenal di dunia selalu berinovasi dari teknologi dan style sneakers, dari bahan yang terbaik sampai collabs dengan atlet berbakat dunia dan selebritis terkenal, untuk menarik pasar dan minat.

Otomatis.. Inovasi, brand terkenal, serta teknologi harus dibayar dengan harga. Ada kualitas ada harga. Rata-rata harga sepatu sneakers untuk sekarang ini punya harga sekurang-kurangnya $100 sepasang. (tuh, sepatu aja ada pasangannya, kamu gak ada?)

semakin-maju-saja-teknologi-di-jaman-sekarang-sepatu-ini-di-lengkapi-fasilitas-wifi
Dari harganya yang cukup mahal, sneakers punya daya tarik sendiri disamping fungsinya sebagai alas kaki. Untuk Kawan Urban yang cowok, pasti banget nih suka koleksi sneakers (ya walopun cuma 3 pasang sih hehe). Buat seorang kolektor sneakers, harga yang mahal gak jadi masalah, semakin mahal, semakin diburu deh tu alas kaki. Karena gak jarang, harga yang selangit biasanya jadi sneakers yang diproduksi secara terbatas di dunia.

Bukan sneakers sejuta umat, soalnya langka alias barang rare. Padahal Indonesia menjadi negara yang paling mahal untuk penjualan sneakers.

Bang Geller
Jordan Geller, pernah tercatat sebagai pemilik sepatu terbanyak di dunia. Dengan jumlah koleksi mencapai 2.504 pasang sepatu. Namanya juga masuk dalam buku rekor Guinness World Record 2013. Geller (oke tetap fokus ya Kawan Urban) mulai menjadi kolektor sepatu sejak tahun tahun 1999.

Awalnya si Bang Geller ini menjual sepatu bekas miliknya di ebay. Hasil penjualan sepatu itu dipergunakan untuk membeli sepatu lain yang doi inginkan. Dari situ lah Bang Geller ini terus melakukan bisnis jual beli sepatu di dunia maya selama 8 tahun. Dengan begitu koleksinya pun terus bertambah.

Ternyata kawan Urban, hanya dari jual beli sepatu bisa dapat keuntungan banyak. Selain menambah kantong, kepuasan dari koleksi sneakers juga jadi nilai lebih.

Buat Kawan Urban yang mau mencoba menjadi kolektor sneakers, bole bole aja kok, belajar dari kisah Bang Geller ya. Tapi penting buat di inget Kawan Urban, jangan maksa maksa minta beliin ke orang tua, apalagi sampe ngutang ke temen. Apapun hobi kalian, lakukanlah dengan bijak ya..

About News

Check Also

img_AQ8cGxx5Lw

Kutipan Inspiratif dari Perempuan Tangguh Indonesia

Perempuan selalu menjadi sorotan yang menarik, banyak kisah yang mengambarkan sosok perempuan tangguh, berjuang untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *