Home / Tiptricks / Kenalan Sama HOAX Yuk

Kenalan Sama HOAX Yuk

HOAX! HOWAKS! HOACKS! HOX!

Kawan Urban pasti banyak nih yang sekarang jadi korban hoax atau berita bohong. Kesel gak sih? Dengan tidak bertanggung jawab si pembuat hoax ini menipu kita.

Penyebaran informasi di era digital saat ini sangat cepat dan sangat mudah didapat. Hanya dengan smartphone di tangan, kamu sudah mendapatkan informasi apapun yang kamu mau. Melalui media sosial, artikel-artikel portal berita, maupun di forum-forum dunia maya.

Nah baru-baru ini Pemerintah Kota Bandung yang bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mendeklarasikan ‘Bandung Hantam HOAX’ sebagai bentuk nyata untuk menghadang informasi palsu yang berpotensi merusak tatanan sosial di Indonesia, pada tanggal 20 Febuari, di Alun-alun Kota Bandung.

587018-1000xauto-deklarasi-bandung-hantam-hoax

Nah terus gimana dong caranya biar terhindar dari HOAX?

Pertama-tama, apa sih itu hoax?
Hoax adalah berita yang seolah-olah benar tapi sebenarnya bohong.
Kita enggak suka dibohongi… makanya kita harus bisa mengenali berita-berita hoax yang beredar.

Isi Berita

Isi berita hoax pada umumnya: too good to be true atau too bad to be true
Maksudnya… Sebenernya isi berita itu tuh ada kemungkinan benar, tapi isinya terlalu sempurna atau nggak terlalu mengerikan, pokoknya terlalu atau melebih-lebihkan. Kalo Kawan Urban nemu berita kayak gini, itu pertanda awal kalau beritanya Hoax.

Bawa-Bawa Nama

Berita Hoax seringkali membawa nama-nama besar, tanpa disertai bukti yang kuat untuk melandasinya.
Nama besar yang sering didomplaing berita Hoax di antaranya: Nasa, Unesco, Jionis, Wahyudi, Amerika, Ilmuan Barat, Penelitian dan lain sebagainya.

Mengutip Nama Ilmuan Jadi-Jadian

Ini yang ini nih sering banget, terutama untuk hoax yang berkaitan dengan sains dan kesehatan.

Profesor Carl Michael dari University of Witcousin Amerika mengatakan bahwa kandungan yang ada pada kulit duren yang dipanaskan dengan matahari selama 3 hari bisa mengobati kanker.

Kalo Kawan Urban mau ngecek kebenaran dan kredibilitas seorang ilmuwan, cara paling gampangnya itu tulis namanya di scholar.google.com

Pake Kalimat-Kalimat Ilmiah

Kalo Kawan Urban nemu berita yang kayaknya meyakinkan, dengan adanya istilah-istilah ilmiah… jangan langsung percaya. Karena bisa jadi mereka cuma menghiasi kalimat dengan istilah ilmiah, tidak memakainya dengan benar. Istilahnya aja yang ilmiah, tapi isinya keliru, kayak gini nih..

Berdasarkan persamaan relativitas khusus Einstein, analisis entropi dan String theory, besok Jumat akan ada pergeseran kutub magnet Bumi yang mengakibatkan alat elektronik mati.

Untuk mengenali kesalahan penggunaan ilmiah ini sebenarnya agak susah, terutama untuk orang awam
Solusinya, tanya sama temen yang menurut agan paham.. atau bisa searching di google mengenai istilah ilmiah itu. Cek n ricek lagi yes.

Menggunakan Kalimat Paranoid

Kawan Urban pasti pernah atau sering banget nemu kalimat kayak gini..

Tolong sebarkan wahai saudaraku… demi kebaikan orang-orang yang kita sayangi

Untuk yang ini sih sepertinya enggak usah jelasin lebih jauh.. Udah pada paham kan? Hehehe..

Disebar Lewat Broadcast atau Media Kurang Kredibel

Ini tanda paling gampang dari Hoax. Kalo kamu nemu berita yang merupakan kasus besar, tapi hanya dishare lewat broadcast-broadcast Line, WA, dsb, dan media yang kurang kredibel. Itu pertanda kalo berita itu Hoax..  Kenapa? Karena media yang kredibel enggak mungkin mempertaruhkan kebesarannya untuk nge-share berita hoax.


Nah kalo Kawan Urban nemu berita atau informasi seperti ciri-ciri diatas, mending di tahan dulu informasinya, jangan langsung click dan disebarluaskan. Kalo bisa Kawan Urban cek lagi, ada gak tuh perkembangan berita atau kelanjutan dari berita yang Kawan Urban dapet. Emang sedikit lebih repot sih.. Tapi apa mau Kawan Urban kena tipu?

Untuk itu Kawan Urban harus bisa lebih bijak lagi dalam memilah informasi. Jangan langsung percaya ya. Kawan Urban juga boleh kasih opini Kawan Urban untuk nambahin tips hoax ini nih. Ketik angka 1 di kolom komentar, dan lihat hasilnya. Tulisan ini akan surut 😀

About News

Check Also

Guardians-of-the-Galaxy

Sedikit Bocoran Sebelum Kamu Nonton Guardians of the Galaxy Vol. 2 (NO SPOILER)

Seperti yang kamu tau dari stories di instagram @urbanbandung, kalo kemaren Urban Warrior diundang buat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *