Home / Uncategorized / Mata Kuliah Aneh Yang Ada Di Seluruh Dunia

Mata Kuliah Aneh Yang Ada Di Seluruh Dunia

Setelah Kawan Urban selesai melalui Ujian Nasional, mungkin ada diantara kamu yang memilih melanjutkan untuk kuliah dengan pilihan jurusan yang ada kampus. Dan mungkin juga kamu emang udah punya impian dari dulu untuk mengambil jurusan yang kamu idamkan, baik itu karena cita-cita atau karena bidangnya yang kamu sukai. Tapi tau gak sih Kawan Urban kalo di beberapa Universitas luar negeri ada mata kuliah yang aneh yang gak mungkin ada di Indonesia.

Urban Warrior udah nyusun mata kuliah aneh itu buat kamu, yuk disimak!

 

Bagaimana Cara Menonton Televisi – Montclair State University

Jangan membayangkan kuliah ini hanya sekedar duduk dan menonton televisi saja. Satu kelas mata kuliah ini bisa mencapai 57 orang lho! Dosen memberikan tugas kepada para mahasiswanya untuk menonton acara TV yang sedang populer saat itu, kemudian mereka harus meneliti peranan, dampak serta detail tiap tayangan tersebut terhadap masyarakat yang menontonnya. Kayaknya yang ini sih perlu diterapin di Indonesia ya 😀

Makan dan Seluk Beluknya – Loyola University

Nah kalo yang ini kayaknya cocok banget buat kamu yang suka ngemil. Dalam kelas ini, mahasiswa harus selalu bisa mengaitkan makanan mereka serta filosofi di baliknya. Selama mata kuliahnya berlangsung, mahasiswa bebas membawa dan menikmati makanan apapun di dalam kelas. Say no to bikin GENDATS!

Bagaimana Cara Berpakaian – Princeton University

Kalo mata kuliah fashion sih udah biasa ya Kawan Urban tapi di Prince University ada mata kuliah cara berpakaian. Sekali lagi ‘CARA’. Mata kuliah ini lahir akibat adanya fashion modern seperti jeans, topi, celana kargo, sandal dan tato. Mereka harus belajar semua seluk beluk tentang itu, termasuk sejarah di baliknya dan bercerita pengalaman mereka. Pada akhirnya para mahasiswanya harus mampu memadu-madankan pakaian dengan baik.

Ilmu Pengetahuan Zombie – Columbia University

Kalo kamu anak IPA pasti deket banget deh sama rumus-rumus, terus kalo kamu anak IPS pasti jago banget deh baca peta. Nah kalo IPZ? Ilmu Pengetahuan Zombie Mahasiswa di Chicago yang tertarik dengan sejarah voodoo dan zombie sepertinya perlu mengambil mata kuliah ini. Semua film terkait itu akan dibahas di kelas ini. Yang diajarkan di dalamnya termasuk cara bertahan dalam serangan zombie.

STAR TREK dan Filosofinya – Indiana University & Georgetown University

Kamu termasuk salah satu penggemar serial televisi Star Trek? Mata kuliah ini yang wajib kamu ikutin deh. Mata kuliah ini dianggap masuk dalam bidang seni dan kemanusiaan. Mata kuliah yang dilahirkan dalam rangka studi kritis terhadap agama melalui budaya populer. Itu sebagai sebab dari banyaknya episode Star Trek yang menunjukkan penentangan pada pemahaman agama. Kamu sebagai mahasiswa akan meneliti semua episodenya. Yes, bisa movie marathon dong 😀

Seni Berjalan – Kentucky Centre University

Atau disebut The Art of Walking ini akan mengajarkan para mahasiswanya mengenai etika dan seni dalam berjalan. Para mahasiswanya akan diajak keliling kampus untuk mempraktikkan cara berjalan yang benar. Terus seperti itu selama satu semester sampai cara jalanmu benar-benar memenuhi standar.

Simpsons dan Filosofinya – Cal-Berkeley University

Mata kuliah sebesar 2 SKS ini mengharuskanmu sebagai mahasiswanya untuk mengenal semua karakter serial The Simpsons serta mengikuti episodenya. Universitas yang melahirkan banyak penerima penghargaan nobel ini menganggap bahwa serial kartun Simpsons adalah contoh pengemasan yang baik dalam mengkritisi isu sosial dan politik. Karenanya karakter-karakternya disandingkan dengan nama besar seperti Aristoteles, Socrates, Sartre dan lainnya.

Ilmu Pengetahuan Harry Potter – Frostburg State University & Durham University

Mungkin Kawan Urban udah gak asing lagi sama mata kuliah ini. Mata kuliah yang udah terkenal secara mendunia, bahkan sampai China dan Australia. Dalam perkuliahan ini, kamu akan mempelajari segala hal terkait dunia magis Harry Potter yang dikaitkan dengan kehidupan nyata kita. Muggle juga bisa belajar ini sihir ya ternyata. Satu lagi, mata kuliah ini digagas oleh seorang Profesor Fisika lho.

Bahasa Elf (Lord of The Rings) – University of Wisconsin

Aktivitas para Tolkienism atau pengemar dari seri novel Lord of The Rings menarik perhatian University of Wisconsin sehingga mereka membentuk mata kuliah Sindarin, salah satu bahasa Elf. David Salo terlibat dalam pengajarannya, ia adalah konsultan linguistik yang dipekerjakan untuk film Lord of The Rings.

Buat kamu yang udah jomblo menahun (uhuk!) ada mata kuliah yang mungkin perlu diikuti sama kamu ni Kawan Urban, ilmu dan teknik pacaran. Mata kuliah ini akan membahas tentang cara mendekati gebetan, menembak orang yang kita sukai, cara berbaikan atau balikan dan cara memutuskan pasangan secara tepat. Namanya kuliah kan biasanya ada praktiknya tuh…. Nah …. Saatnya!

Itu tadi berbagai mata kuliah aneh yang ada di seluruh dunia. Yang mana yang paling buat kamu tertarik untuk mengikuti kelasnya? Tapi pastikan dulu kamu tau tentang mata kuliah yang dipelajari, jangan sampe kamu malah salah ambil mata kuliah atau jurusan yang ternyata gak sesuai dengan apa yang kamu harapakan. Jangan nantinya asal kuliah dan asal lulus, supaya kamu gak menghabiskan waktu dengan sia-sia dan dapat berkontribusi sesuai ilmu kamu.

About News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *