Home / Trending / Tradisi Perayaan April Mop di Dunia

Tradisi Perayaan April Mop di Dunia

Udah bulan April aja nih. Gak kerasa ya udah berlangsung 3 bulan semenjak tahun baru 2017. Semoga di bulan April ini, kita diberikan kesehatan selalu dan jadi bulan yang seru abis! Hehehe.. Nah kalo udah bulan April dan ngomongin yang seru, so pasti jawabannya adalah April Mop!

1272211_630x354

April Mop atau dengan istilah lain disebut dengan April Fools Day merupakan suatu momen yang setiap tahun dirayakan setiap tanggal 1 April oleh banyak orang dengan membuat jokes-jokes gokil untuk menjahili orang-orang terdekat mereka, seperti keluarga, sahabat, rekan kerja, teman sekolah dan lain sebagainya.

Konon katanya, orang-orang yang dikerjai saat April Mop tidak boleh marah maupun tersinggung, karena bagi beberapa orang di seluruh dunia, melakukan kejahilan saat April Mop dianggap sesuatu yang spesial dan lumrah dilakukan. Nah, bagi beberapa Negara di dunia, ternyata masing-masing memiliki tradisi unik lho.. Saat merayakan April Mop. Kawan Urban mau tahu, apa-apa saja tradisi April Mop di berbagai Negara di dunia? Nah, Urban Warrior udah merangkum 5 Negara Dengan Tradisi April Mop Terunik untuk kamu. Yuk, disimak..

1. Perancis

Di Perancis, April Mop juga disebut dengan istilah Poisson d’Avril. Kata tersebut memiliki makna yang sama dengan April Fools, atau kebodohan di Bulan April, dimana setiap orang diperbolehkan untuk melakukan kejahilan dan aksi iseng untuk orang lain. Salah satu tradisi unik yang biasa dilakukan saat April Mop di Perancis yaitu menempelkan gambar ikan ke punggung korban April Mop secara diam – diam sampai saatnya korban menyadari bahwa dirinya sedang dikerjai temannya. Aksi menempel gambar ikan yang menyimbolkan pecundang tersebut biasa dilakukan oleh sekelompok murid sekolah di Perancis saat April Mop. Aksi mengerjai teman dengan menempelkan gambar ikan tersebut biasa disebut dengan April Fish.

2. Skotlandia

Orang Skotlandia termasuk salah satu masyarakat yang sangat hobi menjahili teman – teman mereka di saat momen April Mop. Untuk menyalurkan hobi aneh tersebut, perayaan April Mop di Skotlandia bahkan diperpanjang sampai tanggal 2 April lho. Secara tradisional di Skotlandia, perayaan April Mop disebut sebagai Hunt the Gowk Day, yang diterjemahkan menjadi Hari Memburu Burung Kukuk. Gowk sendiri disimbolkan sebagai orang yang bodoh. So, di hari tersebut, setiap orang berlomba – lomba untuk melakukan kejahilan kepada teman – temannya, yangmana apabila “prank”nya berhasil, maka korban akan disebut Gowk.

“Prank” pada hari pertama, biasanya dilakukan dengan mengirimkan pesan-pesan jahil ke para korban dimana korban akan dibuat patuh untuk melakukan perintah didalam pesan tersebut. Kemudian pada hari kedua, yang biasa disebut Hari Penanda, orang-orang akan menempelkan tanda – tanda iseng untuk menjahili korban mereka, biasa diletakkan di punggung korban. Kemudian ada juga aksi saling ejek antar teman di hari tersebut. Gokil banget yah! Hahaha..

3. Iran

 

Di Iran, April Mop dilakukan di tanggal yang berbeda, yakni dilakukan setiap hari ke-13 sistem penanggalan Persia dimana selalu jatuh pada tanggal 1 atau 2 April yang mereka beri nama Sizdah Bedar. Aksi jahil pada tanggal tersebut sudah menjadi tradisi di Iran sejak tahun 536 SM. Pada hari tersebut, biasanya orang –  orang berkumpul di ruang terbuka dengan beberapa tenda layaknya seperti piknik dan merayakan Sizdah Bedar ditempat tersebut secara meriah. Usai piknik, orang – orang di Iran akan membuang sayuran hijau yang mereka namai “sabzeh” yang menyimbolkan penyakit dan kesialan pada tahun baru.

sabzeh, sayuran yang menyimbolkan penyakit dan kesialan.

Walaupun sekilas tampak seperti perayaan tahun baru, tapi jangan salah, perayaan Sizdah Bedar ini juga kerap dimeriahkan dengan aksi – aksi kocak dan gokil oleh beberapa orang di Iran. Aksi tersebut biasa dilakukan bersama dengan keluarga, sahabat, rekan kerja dan kerabat lainnya.

4. Spanyol

Sama halnya dengan Iran, Spanyol juga memiliki sistem penanggalan berbeda untuk merayakan April Mop. Mereka biasanya menyelenggarakan April Mop dengan istilah Holy Innocents Day atau Hari Suci Tidak Bersalah, yang mana justru dirayakan setiap tanggal 28 Desember. Pada dasarnya, hari ini merupakan salah satu perayaan besar umat Nasrani di Spanyol. Namun, kebiasaan – kebiasaan iseng dan jahil yang kerap dilakukan pada hari tersebut, membuat hari tersebut lebih spesial.

Sesuai namanya, Hari Suci Tidak Bersalah, orang – orang di Spanyol akhirnya memanfaatkan “Hari Tanpa Dosa” tersebut untuk melakukan hal – hal jahil kepada orang lain, baik itu keluarga, teman – teman, rekan kerja, dan kerabat lainnya karena dianggap melakukan suatu kejahilan pada waktu itu dianggap tidak merupakan kesalahan. Sehingga, para korban pun tidak diperbolehkan marah maupun tersinggung sedikitpun saat dikerjai di hari tersebut, karena pelaku dianggap tidak bersalah atau berdosa akibat kejahilannya.

5. India

Di India, perayaan April Mop juga dilakukan berbeda dari biasanya, yaitu setiap tanggal 31 Maret. Perayaan April Mop di India, dirayakan sangat meriah dengan melakukan Festival Holi. Festival Holi sendiri biasanya dilakukan didaerah terbuka atau berbentuk lapangan besar. Nah, di lapangan itulah, orang – orang India akan berkumpul dan merayakan Festival Holi dengan cara melemparkan tepung berwarna warni ke orang – orang di sekitarnya. Selain melakukan aksi saling lempar tepung, saat festival itu juga, orang – orang akan mengerjai teman – temannya dengan berbagai aksi yang tak kalah gokilnya. Kemudian melemparkan lelucon dan jokes kepada teman – temannya.

Kemeriahan Festival Holi di India, merupakan salah satu momen yang paling ditunggu – tunggu dan kerap menjadi salah satu daya tarik wisata di India. Selain diwarnai dengan aksi – aksi lelucon berupa saling lempar tepung dan sebagainya, Festival Holi juga selalu dirayakan dengan iringan musik dan tarian.


Gimana Kawan Urban? Meriah dan unik kan tradisi April Mop di beberapa Negara ini. Nah, kamu sendiri udah nyiapin apa aja untuk April Mop hari ini? Kalo Urban Warrior sih udah nyiapin Oreo yang krim isinya diganti pake pasta gigi. Hihihihi..

Yuk, ciptakan lelucon ala Kawan Urban sendiri dan jangan sampai jadi korban ya, hehehe. 😛

Happy April Fools Day!

About News

Check Also

067847900_1495775449-IMG_20170525_132708

Wajah Baru Sarijadi, Pasar Tradisional Rasa Mall

Wajah baru Pasar Sarijadi menarik perhatian pengunjung dan pedagang. Pasar yang beroperasi sejak Selasa, 23 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *