Home / Tiptricks / Tips Ngakalin Kuota Internet Biar Gak Cepet Abis

Tips Ngakalin Kuota Internet Biar Gak Cepet Abis

Sekarang kuota internet itu udah jadi hal yang mesti didahulukan, jadi yang pertama untuk diprioritaskan. Rasanya bakal kacau kalo gak ada kuota, gak bisa komunikasi, gak bisa ngabarin gebetan, belum lagi hal-hal penting dari kerjaan kamu. Duh susah ya hidup tanpa kuota.

Di Indonesia, banyak provider-provider yang menawarkan paket kuota dengan masing-masing fasilitasnya. Tapi banyak banget pasti dari kamu yang punya kendala di harga kuota yang selangit! Nah persoalan ini yang bikin anak muda sebel, harga kuotanya. Mahal-mahal! Sampe ada yang protes segala ke provider.

Tapi sebagai anak muda yang bijaksana, harusnya Kawan Urban gak usah ngemis biar internet jadi murah! Mending pake cara-cara ini aja dulu.

 

 

Ganti settingan smartphone kamu biar 4G terus

Salah satu yang paling nyebelin dari sistem paket internet di Indonesia adalah pembagian waktu pakai dan pembagian jaringan.

Dapet kuota banyak tapi hanya jam 00.00-06.00, lah mau chattingan sama siapa jam segitu? Sama tante kun? Hiiiiih~ Paketan kuota di atas emang bikin ribet, ada batas sesuai jaringan kayak di 4G cuma dapet kuota berapa MB, di 3G ada berapa MB, di 2G berapa MB, repot! Makanya akalin aja.

Buat Kawan Urban pengguna Android, pasti taro SIM card untuk internet di SIM1 dong? Nah kamu tinggal pencet *#*#4636#*#* nanti dia langsung masuk settingan untuk developer gitu. Hati-hati jangan sampe salah pencet! Cari yang ‘set preferred network‘, terus ganti ke “LTE only“, dan tadaaaaaa!! Dijamin kamu bakal dapet 4G terus, dan gak harus beli kuota tambahan kalo seandainya kamu lagi di wilayah jaringan 3G, tapi kuota 3G-nya lagi abis.

Save semua password wifi

Nah kalo Kawan Urban lagi di tempat umum, kamu save aja semua password wifinya. Supaya kalo kamu kebetulan lagi lewat tempat itu kamu bisa langsung konek. Kalo di tempat makan dan sebagainya, gak usah beli sesuatu juga kamu tetep bisa dapet sinyal lho. Pura-pura aja sebagai pelanggan yang duduk di luar terus kamu sok-sokan nanya password. Agak jahat sih, tapi kalo lagi pengen hemat kuota trik ini boleh kamu pake sekali-sekali.

Tethering dari Smartphone orang tua

Kebanyakan orang tua kan gak ngerti ya soal paket internet dan segala tetek-bengeknya. Makanya kalo di rumah kamu gak ada wifi, kamu nebeng aja tether dari yang punya ibu atau bapak kamu. Supaya kamu pake kuotanya kalo pas lagi di alam liar aja yang gak ada wifi gratisannya.

Jangan pake paket internet yang sama

Kebanyakan provider mengakumulasikan kuota kamu lho. Jadi kalo selama ini kamu isi pulsa tiap disuruh provider supaya paketnya otomatis diperpanjang, ubah kebiasaan itu karena itu akan mereset kuota kamu.

Misal kamu beli pulsa terus daftar paket C yang paling mahal dan paling banyak kuotanya, terus di saat masa aktif 30 hari udah mau abis tapi kuota kamu masih nyisa, kamu beli paket yang B yang lebih murah, yang penting masa aktifnya 30 hari. Ini supaya kamu punya dua paket aktif, walau mungkin paket C (paket awal yang kuotanya sisaan) baru bisa kamu pake setelah paket B kamu habis. Tapi tetep bakal lebih hemat karena kamu bisa subsidi silang paket kamu tiap bulannya.

Gak usah login ke semua akun sosmed

Kalo Kawan Urban belum tau, ada beberapa akun sosial media itu yang tetep aktif atau jadi background app meski kamu lagi gak buka app-nya, atau malah setelah kamu clear recent app. Biar HP kamu gak lemot, gak terus-terusan nyedot kuota dan juga hemat batre, mending kamu log out aja kalo kira-kira gak mau buka itu sosmed dalam waktu dekat. Lagian log in masukin password gitu butuh waktu berapa lama sih, gak ada dua menit palingan.

Setting ke Use Less Data

Beberapa aplikasi juga punya opsi ini nih. Ada yang emang ada opsi ‘use less data‘ langsung, ada juga yang kamu harus turun-turunin sendiri, kayak image dan video quality kamu set ke low gitu. Hal ini kamu lakuin biar gak boros kuota.

Pake browser yang hemat kuota

Kalo Kawan Urban emang demen browsing-browsing, kamu bisa juga tuh pake browser yang paling hemat kuota, kayak semacam Opera Mini, atau UC Browser gitu-gitu. Yang lain juga mungkin ada, tinggal preferensi kamunya aja mau yang kayak gimana.

Nah udah paham kan? Jadi gak usah sok playing victim deh ngerasa yang paling dirugikan karena kuota mahal. Kalo kamu pinter ngakalinnya, pasti bisa hemat.

About News

Check Also

1fa7e75e1fc154217691b8e2085cc438

Tampil Vintage dengan Gaya yang Simple

Haduh haduh haduh.. Kalo udah banyak pakaian numpuk di lemari bingung deh mau gimana. Mau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *