Home / Tiptricks / Ternyata Cokelat Tak Boleh Disimpan di Lemari Es

Ternyata Cokelat Tak Boleh Disimpan di Lemari Es

coklat-batangan-ok

Bagi para pecinta cokelat, Anda wajib tahu aturan ini. Menurut seorang ahli, sebaiknya Anda menghindari menyimpan cokelat dalam lemari es, bahkan ketika cuaca panas. Ini karena semakin dingin suhu, semakin mengacaukan kelezatan cokelat.

Dilansir dari laman Mirror.co.uk, Senin, 29 Januari 2018, seorang ahli makanan manis dan pemilik toko daring Chocolate Bar, Owen Smith, merupakan orang dibalik peringatan bagi para penggemar cokelat ini.

Dalam wawancara dengan Stuff di Selandia Baru, Smith mengatakan bahwa mendinginkan cokelat di lemari es membuat cokelat ‘rusak’ dan tidak mengeluarkan cita rasa aslinya.

“Suhu yang sangat dingin bisa mengacaukan sifat cokelat, sama seperti suhu panas,” ujarnya.

Lantas, bagaimana menyelamatkan cokelat agar tidak meleleh?

Menurut Smith, cokelat idealnya disimpan di dalam tempat yang gelap, tidak panas, dan kering, tapi bukan di lemari es. Lemari dengan suhu antara 10-20 derajat Celsius merupakan suhu yang sempurna.

Tapi, jika suhu di dalamnya mencapai 28 derajat Celsius atau lebih, maka tidak ada pilihan lain selain menyimpannya di lemari es, atau membiarkannya tetap meleleh dan rusak begitu saja.

“Jika suhu terlalu panas, maka lemari es jadi satu-satunya pilihan, meski itu tidak baik untuk cokelat,” lanjutnya.

Jadi, untuk menjaga cokelat tetap lezat di dalam pendingin, cokelat harus dimasukkan ke dalam wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin agar tidak menyerap aroma atau rasa apapun.

Ia juga menyarankan untuk membiarkan cokelat terlebih dahulu hingga suhunya mencapai 15 derajat Celsius sebelum dikonsumsi.

Tasya Paramitha, Adinda Permatasari | viva.co.id

About News

Check Also

buah-dan-sayuran_20171126_144440

Mengapa Pagi Hari Badan Tak Segar dan Masih Mengantuk padahal Sudah Tidur 8 Jam? Ini Penjelasannya

Apakah Anda masih harus berjuang menahan kantuk di pagi hari, meskipun sudah terpenuhi waktu tidur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *