Home / News / Keistimewaan Gerhana Bulan ‘Super Blue Blood Moon’

Keistimewaan Gerhana Bulan ‘Super Blue Blood Moon’

supermoon--istock
Gerhana bulan total Super Blue Blood Moon

Gerhana bulan total tadi malam (31/1/2018) adalah istimewa dan menarik perhatian publik seluruh dunia.

Disebut istimewa karena sebutannya Supermoon. Karena jarak bulan masih terdekat dengan bumi, sehingga purnama dan gerhana tampak lebih besar dari biasanya. Fenomena gerhana bulan ini adalah kejadian langka, karena terjadi ketika bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan blue moon.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menjelaskan kenapa disebut Blue Moon karena ini purnama kedua pada bulan Januari, setelah 1 Januari lalu.

Menurut profesor Riset Astronomi-Astrofisika, LAPAN ini, selain itu gerhana bulan total juga sering disebut Blood Moon karena saat gerhana total bulan tampak merah darah.

Fenomena gerhana bulan total Super Blue Blood Moon bisa disaksikan di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di Jakarta.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyatakan bahwa fenomena gerhana bulan ini pernah terjadi di Indonesia sekitar 36 tahun yang lalu atau sekitar 30-31 Desember 1982.

Fenomena super blue blood moon pada Rabu (31/1/2018) ini bertepatan dengan gerhana bulan total yang terjadi ketika posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus.

Pengamatan Gerhana Bulan Total BMKG Pusat: Area Taman Impian Jaya Ancol

 

About News

Check Also

11738761013

Berperan sebagai Risa Saraswati, Ini kata Prilly

Berperan sebagai Risa Saraswati dalam film Danur 2: Maddah, Prilly Latuconsina mengatakan bahwa dirinya tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *