5 Jajanan Olahan Tahu yang bisa kamu bikin sendiri untuk buka puasa nanti

0

Tahu adalah makanan favorit dan merakyat. Selain sehat, tahu juga murah dan mudah ditemukan. Tahu bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan ataupun jajanan.

Kamu mungkin bosan dengan makanan berbahan dasar tahu yang olahan tahunya begitu-begitu saja. Tenang, beberapa jajanan olahan tahu ini bisa kamu bikin sendiri dirumah lho untuk salah satu menu buka puasa nanti.

1. Tahu Jeletot

Tahu jeletot ini sekilas Nampak seperti tahu isi biasa saja, namun yang membuatnya unik dan spesial ialah isiannya yang pedas! Nah, tahu jeletot ini pas banget buat kamu yang suka banget sama makanan pedas.

Isi dari tahu jeletot biasanya adalah irisan kol, wortel, tauge, dan bumbu racikan cabai giling yang super pedas. Setiap gigitan dari tahu jeletot ini mampu membuat kamu meringis kepedesan lho. Berani coba? Harus!

2. Perkedel Tahu Kornet

Kalau biasanya perkedel terbuat dari kentang, sekarang kamu bisa mencoba membuat perkedel berbahan dasar tahu. Perkedel tahu kornet ini pastinya berbahan dasar dari tahu yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan kornet.

Cara membuatnya sama persis dengan membuat perkedel kentang, yakni tahu dan kornet dihaluskan dan diberi bumbu dan telur, lalu dibentuk bulat seperti perkedel. Setelah itu tinggal digoreng hingga matang.

3. Tahu Kukus

Kalau kamu sedang diet dan mengurangi banyak makanan yang digoreng, tahu kukus bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Tahu kukus ini berbahan dasar tahu putih yang dihancurkan lalu diberi berbagai macam bumbu rempah dan sayuran seperti wortel dan daun bawang. Setelah itu adonan tersebut diletakkan pada loyang, lalu dikukus. Lezat bukan?

4. Tahu Mercon Goreng

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bagaimana rasa dari tahu yang satu ini. Ya, tak berbeda dengan tahu jeletot, tahu mercon goreng ini juga punya rasa yang pedas. Wajib buat kamu yang doyan banget makan makanan pedas.

Sebenarnya isi dari tahu mercon ini hampir sama dengan tahu jeletot, yakni sayuran yang sudah ditumis dengan bumbu dan irisan cabe pedas, namun biasanya bentuk dan jenis tahu yang digunakan berbeda dan ukurannya tak sebesar tahu jeletot.

5. Tahu Pletok

Tegal tak hanya terkenal dengan warteg-nya saja, tapi juga jajanan tahu pletok. Tahu pletok ini juga sering disebut sebagai tahu aci. Tahu pletok ini memang merupakan jajanan khas Slawi-Tegal, namun aslinya jajanan ini berasal dari negeri tirai bambu, Tiongkok.

Tahu pletok ini terbuat dari tahu kulit yang berwarna coklat. Tahu kulit ini lalu diolesi dengan adonan aci atau tepung kanji, setelah itu digoreng hingga garing dan renyah. Biasanya penyajian tahu pletok ini disertai dengan sambal kecap pedas.

Selamat mencicipi ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.