5 Kafe Favorit untuk ‘Ngadem’ Saat Kemarau di Bandung

0

Saat musim kemarau, kota yang realtif memiliki cuaca ‘adem’ seperti Kota Bandung juga kerap kali terasa terik di siang hingga sore hari. Kadangkala, hal yang dibutuhkan orang ketika itu adalah menepi sejenak dari rutinitas menuju tempat yang sejuk dan menawarkan berbagai sajian pelepas dahaga.

1. Lisung Resto

Restoran yang terletak di Jalan Bukit Pakar Timur nomor 111, Ciburial ini merupakan salah satu pelopor resto dan tempat ngopi di bilangan Dago Atas. Letaknya tak jauh dari galeri seni Selasar Sunaryo Art Space. Hal utama yang membuat restoran ini terkesan ‘adem’ adalah dominasi interiornya yang terbuat dari kayu, mulai dari rangka bangunan area makan, musala, hingga meja dan kursi yang tersedia. Selain itu, restoran ini pun berada di dataran tinggi yang memiliki suasana relatif lebih dingin dibanding area lain di Kota Bandung. Belum lagi nuansa hijau di area taman dan pepohonan yang menjadi pemandangan saat bersantap, menjadikan Lisung sebagai salah satu tempat incaran bagi warga yang hendak menyegarkan diri. Anda pun dapat memesan berbagai kudapan ringan maupun makanan berat, yang terdiri dari menu khas Indonesia hingga menu western. Salah satu andalannya adalah berbagai ukuran dan jenis pizza yang dapat disantap bersama teman, keluarga ataupun pasangan. Tempat ini juga menyediakan fasilitas dekorasi bila Anda berniat merayakan momen spesial dengan orang terkasih.

2. Roemah Kopi

Tak jauh berbeda dengan Lisung, Roemah Kopi yang terletak di bilangan Rancakendal Luhur, Dago Atas ini juga menawarkan konsep kafe dengan interior vintage semi tradisional dengan dominasi kayu. Di sekitarnya pun terdapat pohon bambu yang dapat menjadi penangkal panas saat terik siang hari menjelang. Sesuai dengan namanya, kafe ini menyediakan berbagai menu kopi dengan racikan khas. Mulai dari kopi dengan jahe, aneka susu, campuran cokelat, dan sebagainya–yang dapat disajikan dingin maupun panas. Selain itu, Roemah Kopi juga menyajikan berbagai menu makanan berat khas Indonesia hingga Western, seperti sup konro, nasi goreng, hingga pasta. Di sini, Anda dapat bersantai dengan keluarga maupun teman-teman di atas kursi sofa hingga lesehan dengan sajian pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Di malam hari, kafe ini menyuguhkan pemandangan yang romantis.

3. Kadaka Cafetaria

Bila dua restoran dan kafe sebelumnya terletak di tempat yang yang cukup jauh dari pusat kota, kafe yang satu ini berada tak jauh dari pusat perkantoran, kampus dan sekolah. Kadaka Cafetaria adalah sebuah kafe di Jalan Patuha, tak jauh dari Taman Pers, yang berbagi tempat dengan rumah tinggal pemiliknya. Area kafe terletak di halaman dan garasi depan serta samping rumah, dengan interior yang juga didominasi perabot kayu ‘vintage’.

Menyambangi kafe ini tak ubahnya seperti mendatangi rumah kerabat dengan suasananya yang temaram dan sejuk. Selain untuk menyantap berbagai makanan yang didominasi menu western dan aneka kopi, Anda juga dapat membawa rekan kerja untuk rapat di area dalam yang menyediakan meja cukup luas. Menu andalannya adalah berbagai sajian pizza dengan topping-topping unik

4. One Eighty Coffee and Music

Berbeda dengan kafe dan resto di atas, One Eighty Coffee and Music memiliki konsep interior yang lebih modern dan minimalis. Tempatnya terletak di Jalan Ganesha, tak jauh dari pintu depan Masjid Salman ITB. Sehingga, di siang hari tempat ini cukup ramai dikunjungi baik mahasiswa maupun karyawan yang bekerja di kantor sekitaran ITB. Hal yang membuat kafe ini ‘adem’ adalah area seating di bagian luarnya yang benar-benar berada di atas air. Anda yang berniat duduk di area tersebut pun harus melepaskan sepatu dan menggelung celana agar tidak kebasahan. Sensasi makan dan minum sambil merendam kaki ini menjadi salah satu daya tarik One Eighty Coffee and Music di mata pelanggan. Selain bisa menjadi tempat ‘ngadem’, kafe ini pun cukup ‘Instagramable’. Mayoritas menu yang ditawarkan adalah aneka makanan berat dan kudapan ala western, termasuk pastry, hingga sajian kopi.

5. Atmosphere

Bila Anda hendak beristirahat santap siang bersama keluarga, tempat ini adalah salah stau tempat yang cocok untuk dikunjungi. Restoran yang terletak di Jalan Lengkong ini memiliki konsep rumah makan entik-modern dengan sejumlah area seating berupa saung di antara kolam. Duduk lesehan di bawah saung gubuk ditemani gemericik air kolam agaknya cukup mampu membuat damai suasana hati ketika terik menerjang. Areanya pun cukup luas untuk digunakan sebagai tempat makan bersama keluarga besar, atau menggelar acara resmi seperti pertunangan atau selebrasi lainnya. Anda dapat memesan aneka sajian nusantara dengan rasa otentik di tempat ini.

———
source

Leave A Reply

Your email address will not be published.