Kuliner Bandung: Rasa Klasik Nasi Goreng Anglo Gowes

0

Siapa yang tidak menyukai nasi goreng? Nasi goreng memang sudah terkenal bahkan hingga mancanegara. Nasi goreng merupakan nasi yang digoreng dan ditambahkan bumbu-bumbu seperti kecap, ayam, bawang putih, dan lainnya. Tetapi ada kedai nasi goreng yang berbeda dari nasi goreng biasanya yaitu Nasi Goreng Anglo Gowes. Nasi Goreng Anglo Gowes ini letak perbedaannya adalah dari cara memasaknya, biasanya nasi goreng dimasak diatas kompor gas sedangkan Nasi Goreng Anglo Gowes ini dimasak menggunakan Anglo yang berisikan arang. Rasanya sangat pas dengan aroma yang sangat klasik akan membuat nasi goreng ini akan membawa Anda ke era jaman dulu.

Nasi Goreng Anglo Gowes terletak di Jalan Mangga No. 26, Bandung, nasi goreng ini sudah berdiri sekitar tahun 1970-an. Biasanya nasi goreng ini disebut dengan Mie & Nasi Goreng Pak Suyud. Untuk menemukan kedai ini sangat gampang letaknya di depan Toko Cairo di perempatan jalan Mangga dan Jalan Belimbing Bandung. Menurut Pemilik kedai Nasi Goreng Anglo Gowes, Sani Landoeng mengatakan bahwa ia meneruskan usaha nasi goreng turun temurun yang awalnya dari Ayahnya yaitu Bapak Suyud. Untuk bumbunya sendiri tidak ada yang berbeda tapi cara masaknya yang memakai arang.

“Konsep nasi gorengnya sama aja terkadang pembeli ada yang  minta pakai sambal dan manis,” tutur Sani saat ditemui Ayobandung.com di kedainya. Nasi Goreng Anglo Gowes ini buka hari Senin-Sabtu dari jam 12.00 hingga jam 20.00 malam. Untuk harganya sendiri untuk porsi kecil Rp20.000 sedangkan porsi besar Rp35.000, sedangkan untuk ayam suwir porsi kecil Rp60.000 dan besar Rp120.000. Menu yang tersedia di kedai ini diantaranya adalah Nasi Goreng, Nasi Mawut, Mie Goreng, Mie Kuah, Bihun Goreng, Cap Cay dan Ayam Cha. “Biasanya dalam sehari bisa menghabiskan sampai 100 porsi, bahkan ada juga pembeli dari Perancis dan Belanda datang ke nasi goreng ini,” tutup Sani. (Sita Pebriani)

———
Source

Leave A Reply

Your email address will not be published.