Bandung Champion City, Inovasi Dalam Dunia Bermain Sambil Belajar

0

Indoor Edutainment Theme Park pertama dan terbesar di Indonesia hadir di Kota Bandung dengan nama Bandung Champion City (BCC). Berlokasi di Lucky Square Antapani, arena bermain sekaligus belajar anak ini berada di dua lantai paling atas.

Begitu masuk BCC, Wargi Bandung akan disuguhkan dengan suasana kapal luar angkasa yang merupakan tempat pembelian tiket. Setelah masuk menuju wahana, barulah Wargi Bandung bisa menjumpai suasana Kota Bandung. Karena BCC dibangun di Kota Bandung, maka kearifan lokal Kota Bandung pun diangkat dalam replika bangunan-bangunan wahananya.

BCC sengaja dibangun sebagai laboratorium pendidikan anak yang terintegrasi dengan konsep pendidikan nasional. BCC adalah replika dari kota metropolitan mini yang dirancang sistematis dan realistis serupa dengan tatanan dan struktur kota. Ada 77 wahana yang didalamnya terdapat 177 profesi untuk kegiatan bermain peran. Wargi Bandung dapat menemui replika bangunan rumah sakit, kantor polisi, kantor pemerintahan, ruang redaksi media, sirkuit balap, dll.

BCC memiliki konsep bahwa setiap anak yang menginjakkan kaki di arena bermain BCC, berarti mereka sudah menjadi penentu keputusan untuk masa depannya. Dengan arahan dari pihak BCC, anak-anak dibebaskan untuk memilih wahana profesi apa yang ingin ia mainkan.

Wahana di BCC ini memang diperuntukkan bagi anak usia 4-15 tahun. Namun, usia di atas itu pun masih diperbolehkan masuk, karena BCC menyediakan working space bernama “7 Champion” bagi pengunjung. Di sini, pengunjung dapat menciptakan konsep edukasi sesuai dengan minat, khusus untuk digital co-worker.

Selain merupakan inovasi dalam dunia bermain sambil belajar anak, BCC juga punya konsep yang unik dalam me-manage minat bakat anak selama bermain. BCC menghadirkan sistem RFID yang direalisasikan dalam bentuk jam tangan. Jam tangan itu merupakan akses masuk anak ke wahana. RFID memiliki fitur GPS yang akan mendeteksi ke wahana mana saja anak bermain.

Selama anak menikmati wahana BCC, orang tua bisa mengikuti sesi parenting yang digelar pihak BCC untuk memberikan seminar tentang bagaimana menjadi orang tua yang bijak.

Setelah bermain selama 6 jam, orang tua dan anak akan mendapatkan laporan akhir kegiatan yang bisa langsung didiskusikan dengan psikolog. BCC sengaja menyediakan psikolog agar dapat langsung berkonsultasi mengenai minat anak kepada orang tuanya, karena ini sangat berpengaruh untuk penentuan masa depan anak.

BCC sudah mulai dibuka untuk umum pertengahan Maret 2019 lalu. BCC bisa menjadi tempat rekreasi pilihan Wargi Bandung bersama anak, adik, maupun sanak saudara lainnya. Hingga 4 April 2019, Wargi Bandung bisa menikmati kesempatan promo 50% tiket masuk untuk anak dan pendamping.

Bandung Champion City

Lucky Square
Jl Terusan Jakarta no 2
Buka Setiap Hari
Senin-Jumat 10.00-15.00, Sabtu-Minggu 10.00-16.00
HTM Anak 150.000, Pendamping 100.000

source

photo

Leave A Reply

Your email address will not be published.