Curug Tilu Leuwi Opat, Traveling Seru Ramah Dikantong

0

Kawan Urban, siapa bilang di Bandung sudah susah mencari wisata alam yang murah dan seru? Jika Kawan Urban termasuk penggemar air terjun seperti saya, berkunjung ke Bandung bisa sambil mampir ke Curug Tilu Leuwi Opat, salah satu wisata curug di Lembang. Berdekatan dengan Dusun Bambu,tempat ini juga disediakan untuk kegiatan outbond serta kemping.

Hanya bermodal tiket masuk sebesar Rp 10.000, setelah memakirkan kendaraan , pengunjung sudah bisa menantang diri lho, melakukan tracking menuju air terjun.Bandingkan dengan jalan setapak seperti area tracking di Tahura ( Taman Hutan Raya)  Bandung yang sudah di paving, kondisi jalan di area ini masih dibiarkan liar, kita harus bergumul melewati undak-undakan, rumput-rumput liar, sesekali melewati sungai-sungai kecil menyusuri jalanan berbatu hingga menyebrangi jembatan.

Nah, sebenarnya terdapat 4 curug yang bisa Kawan Urban nikmati sepanjang perjalanan tracking kita yakni Curug Tilu Aseupan, Curug Citulang, dan Curug Cilaki. Curug Aseupan , yang berarti kukusan tradisional berbentuk kerucut, merupakan curug yang berada di antara dua ngarai yang tinggi. Cukup sulit menjangkau curug ini dari dekat. Dengan debit air yang tinggi dari posisi saya yang berada jauh di bawah curug, melihat ke langit bagaikan berada di hutan rimba, dengan matahari seakan bersembunyi  di sela-sela pepohonan.

Curug Citulang juga merupakan salah satu curug yang tinggi, jika sudah sampai di curug ini berarti kita lebih dekat lagi menuju Curug Tilu, sang objek utama.

Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke Curug Tilu dari Curug Citulang, tapi jangan sampai kehabisan tenaga, karena kita masih butuh tenaga untuk seru-seruan , berenang, berburu dan yang pasti cari spot-spot foto yang keren.

URBAN RADIO BANDUNG, PALING TAU BANDUNG !

source

foto: https://www.instagram.com/aaron_sanarsy/

Leave A Reply

Your email address will not be published.