Memanjakan Mata di NuArt Sculpture Park Bandung

0

Bandung adalah kota tujuan wisata yang lengkap. Mulai dari fesyen, kuliner, sampai wisata alam, semua tersedia. Keindahan tatanan kotanya pun membuat wisatawan atau warga lokal betah dan bangga berada di Ibu kota Jawa Barat ini. Bukan hal baru lagi kalau kota Bandung selalu ramai saat akhir pekan dan musim liburan. Masyarakat yang berkunjung ke Bandung pasti mencari objek wisata yang unik dan susah untuk dilupakan.

Diantara tempat wisata yang mainstream, Bandung ternyata mempunyai galeri seni yang membuat pengunjungnya akan berdecak kagum dan ingin berlama-lama memanjakan mata, yakni NuArt Sculpture Park. Mungkin bagi sebagian pembaca nama tempat ini terdengar asing dan baru. Dikenal sebelumnya dengan nama Nuart Gallery, berlokasi di Jalan Setraduta Raya, Bandung, yang pertama kali dibuka tahun 2000 merupakan pusat seni patung karya Nyoman Nuarta, seniman patung asal Bali yang terkenal dengan karyanya yang fenomenal, Patung Garuda Wisnu Kencana. Terdiri dari tempat memajang puluhan patung karya Nyoman Nuarta, galeri seni tempat pameran seniman lain, dan tempat pertunjukan seni, seperti seni tari, musik dan teater yang tak akan membuat bosan pengunjung. Satu tempat, dengan seni yang beragam. Disini juga terdapat Nesti Café yang menyediakan menu khas bali yang akan memanjakan lidah anda dan Craft Boutiqe, yakni tempat membuat dan menjual miniatur dari karya-karya Nyoman Nuarta.

Patung yang dibuat atau dipamerkan disini tentu saja bukan sembarang patung. Karya Nyoman Nuarta sudah dikenal dunia. Di sini pula tempat dari karya-karya patung hasil Nyoman Nuarta dari awal karier hingga karya terbaru sebagai pemeran utama. Salah satu patung yang cukup unik menurut saya adalah patung Dewa Dewi, yang awalnya saya kira adalah bentuk lain dari telur yang memiliki makna lain. Ternyata patung ini menggambarkan sepasang kekasih yang terpisah ruang, dan mereka mampu membuat celah diantara perbedaan karena kekuatan cinta yang dimiliki. Sangat jauh dengan perkiraan saya. Saat memasuki gedung ini, pengunjung akan langsung disuguhkan dengan pemandangan indah patung-patung yang memiliki filosofi tertentu dan akan keliru kalau tidak dijelaskan. Untungnya terdapat pemandu wisata yang akan menjelaskan dan mengajak anda menikmati karya seni ditempat ini dengan paham dan tidak akan menyesal.

Tidak hanya indoor, keindahan juga terdapat diluar gedung, yakni ditaman yang dinamai Sculpture Park. Ditaman ini patung-patung karya Nyoman Nuarta dipublikasikan, sehingga pengunjung yang lewat menuju atau seusai dari galeri dapat terus menikmati karyanya. Patung-patung di luar ini terlihat sangat menyatu dengan tata tamannya yang cantik. Pohon-pohon yang tinggi dan rimbun juga tempat duduk banyak yang disediakan ditaman bisa dijadikan sarana mencari inspirasi dan menghilangkan penat yang merupakan alasan bagi seseorang untuk mencari tempat berlibur. Bagi pencinta fotografi, tempat ini bisa diibaratkan sebagai surga. Pasti mendapatkan objek yang indah dan berkesan.

Disetiap sudut penuh dengan pemandangan bagus, baik untuk keperluan modeling atau hanya memotret objek. Apalagi untuk anak muda jaman sekarang yang suka mengunggah foto di sosial media. Pagelaran seni juga sering ditampilkan disini. Jika pengunjung mengetahui jadwal atau beruntung, dapat melihat penampilan dari berbagai komunitas seni, dari musik sampai teater yang akan menambah kesan liburan anda. NuArt Sculpture Park ini buka pukul 9 pagi sampai 5 sore pada hari kerja, dan jam 9 pagi sampai 9 malam pada akhir pekan. Untuk tiket masuk, disini memang tidak gratis. Dengan Rp50.000 Nuart Sculpture Park akan menjadi pilihan destinasi wisata dikota Bandung yang tidak terlupakan. 

———
Source

Leave A Reply

Your email address will not be published.