Meneropong bintang di Observatorium Bosscha

0

Observatorium Bosscha bisa jadi objek wisata alternatif saat berlibur ke Bandung. Di tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia ini, kita bisa melihat dan mengamati benda-benda langit.

Sebenarnya, Bosscha biasa digunakan untuk penelitian dan pendidikan. Namun, karena berada di daerah wisata Lembang, tempat ini ikut menyedot perhatian wisatawan. Observatorium ini terbuka untuk umum pada waktu-waktu tertentu.

Awalnya, Boscha dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda dengan tujuan untuk memajukan ilmu Astronomi di Hindia Belanda.

Dana pembangunan serta pemberlian teropong bintang dibiayai oleh pengusaha kaya, Karel Albert Rudolf Boscha, yang namanya kemudian jadi nama bangunan observatorium ini.

Pada tahun 2004, Bosscha dinyatakan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Pemerintah. Karena itu keberadaan Observatorium Bosscha dilindungi oleh UU Nomor 2/1992 tentang Benda Cagar Budaya.

Empat tahun kemudian, Pemerintah juga menetapkan Bosscha sebagai salah satu objek vital nasional yang harus diamankan.

Ada beberapa faktor yang membuat keberadaan Bosscha jadi sangat penting, yaitu karena Bosscha merupakan satu-satunya observatorium terbesar dari Wilayah Jepang sampai India. Letak Bosscha juga membantu pengamatan langit selatan yang minim fasilitas pengamatan bintang.

Daya tarik dari tempat ini adalah lima jenis teropong yang memiliki fungsi berbeda. Di antaranya ada Teleskop Schmidt Bima Sakti untuk mempelajari struktur galaksi Bima Sakti, Teleskop Refraktor Bamberg untuk pengamatan matahari.

Selain itu ada Teleskop Cassegrain GOTO untuk mengukur kuat cahaya bintang serta pengamatan spektrum bintang, dan Teleskop Refraktor Unitron pengamatan hilal, pengamatan gerhana bulan dan gerhana matahari, dan pemotretan bintik matahari. 

Menggunakan teropong tak bisa sembarang waktu, biasanya saat malam hari di musim kemarau saja, antara April hingga Oktober. Ini karena saat musim hujan, teleskop tidak bisa digunakan dengan baik karena tidak bisa menembus awan.

Selain melihat benda langit melalui teropong, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi soal astronomi. Jadi, bila Anda memiliki banyak pertanyaan soal astronomi bisa langsung ditanyakan pada petugas yang ada di Bosscha.

Untuk berkunjung ke Bosscha, kita tak bisa langsung datang begitu saja. Sebelumnya, harus mendaftarkan diri melalui telepon atau fax ke nomor 022-2786001. Setelah diperbolehkan, kita bisa langsung menuju Bosscha dengan pilihan kunjungan siang atau malam.

source

Leave A Reply

Your email address will not be published.