Tempat Wisata Bersejarah di Bandung

0

Nah buat kalian yang mau berlibur sampil dapat pengetahuan tentang sejarah Indonesia di zaman kolonial, ada beberapa rekomendasi tempat wisata bersejarah di bandung yang harus kamu masukin di list ni! kuy simak infonya.

Monumen Bandung Lautan Api

Jadi monumen ini tuh dibangun sebagai simbol perjuangan masyarakat Bandung untuk menjaga kotanya. Walaupun bentuknya cuman kaya monumen gitu tapi tempat ini ramai didatangi pengunjung loh. Trus kalian bisa foto dengan latar monument ini. Biasanya kalau sore itu kalian bisa dapat pemandangan senja yang keren deh sama banyak kuliner enak juga. Untuk lokasinya di Jalan BKR Ciateul, Kecamatan Regol, bandung, bukanya setiap hari & 24 jam dan jangan khawatir, untuk harga masuk gratis loh, buruan guys!

Gedung Merdeka              

Nah kalau gedung yang satu ini dulunya tuh jadi saksi berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 guys, pasti kalian tau lah yah. Trus di gedung ini juga banyak spot dan hal menarik yang bisa dijadikan objek foto loh, soalnya arsitekturnya keren banget. Tapi kebanyakan pengunjung fotonya didepan gedungnya sih. Buat yang penasaran bisa langsung ke Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga Bandung, harganya gratis loh guys, tapi reservasi dulu yah. Bukanya dari hari selasa sampai minggu jam 08.00-16.00.

Museum Konferensi Asia Afrika

Jadi guys museum ini nyatu sama Gedung Merdeka, dibangun untuk mengenang terjadinya konferensi Asia Afrika. Kalian bisa liat banyak banget koleksi menarik seperti koleksi mesin ketik yang digunakan untuk meliput konferensi, trus ada juga ruang dokumenter, ruang pameran, perpustakaan, dan ruang galeri. Nah untuk hargnya gratis loh guys, bukanya dari hari selasa sampai minggu pukul 08.00-16.00.

Gedung Sate

Emang sih kalian kalo kesini gak bisa masuk gedung ini, tapi jangan sedih, soalnya ada museum yang bisa kalian datangin dan ada tourguide yang jelasin. Museumnya ada 3 area, area pembuka, area utama sama wahana bermain. Nah kalau kesini kalian bsa nyobain kacamata virtual yang bikin kamu seolah-olah naik balon udara dan mengelilingi area sekitar Gedung Sate, Trus ada juga ruangan yang membuatmu seolah-olah ikut serta dalam pembangunan gedung ini. Harga masuk museum nya cuman 5000 loh. Untuk jam operasionalnya dari hari senin sampai Jumat pukul 08.00-16.00, langsung aja ke Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Bandung.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Jadi museum ini tuh nyimpan benda-benda sejarah yang dulunya dipakai Pasukan Kodam Siliwangi. Museum ini diresmikan tahun 1966 oleh Kolonel Ibrahim Adjie, yakni seorang panglima divisi Siliwangi ke-8. Di museum ini, kalian akan melihat senjata, mulai dari modern sampai tradisional loh. Sebut aja seperti bedug simarame, senjata laras panjang dan pistol, serta tank. Mau tau lebih lanjut? Langsung cus aja ke Jalan Lembong Nomor 38, Braga, Bandung, gratis loh masuknya. Untuk jam bukanya mulai hari Senin sampai Sabtu pukul 08.00-15.00

Benteng Pasir Ipis

Benteng ini dibangun tahun 1891 sampai 1930. Walaupun udah banyak lumut tapi benteng ini masih jadi destinasi wisata yang memukau para pengunjung loh. Kalau kalian ke sini yah kalian bisa lihat pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan hutan pinus guys. Pokoknya kalian kalau kesini pasti gak bosan deh soalnya banyak fasilitas menarik seperti lahan berkemah, outbound, gardu pandang, dan beragam spot bagus juga. Untuk tiket masuk dibanderol 10rb, buka setiap hari pukul 07.00-18.00, lokasi Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Bandung.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Nah kalau kalian liat monumen ini, bentuknya mirip sama Monumen Bambu Runcing yang ada di Surabaya. Jadi monumen ini ada peninggalan sebelum masa kemerdekaan, masa terbentuknya nasionalisme, kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan dari serangan Belanda, dan melanjutkan kemerdekaan. Selain itu, kalian bisa berfoto didepan monument ini. Kalau ingi tau lebih dalam, langsung aja ke Jalan Dipati Ukur, Lebakgede, Bandung, gratis loh masuknya, dan jam beroperasin senin sampai jumat pukul 09.00-15.00.

Jalan Braga

Siapa sih yang gak tau jalan hits dibandung ini. Jalanan utama Kota Bandung ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Hindia-Belanda loh. Dan sekarang, Jalan Braga jadi tempat hits untuk foto dan selfie anak muda guys. Selain foto, kalian juga bisa menikmati kuliner disepanjang jalan ini, mulai dari bacang panas, roti di di Toko Sumber Bahagia, siomay, dan berbagai makanan khas Bandung lainnya. lokasinya pasti di Jalan Braga, Kota Bandung dong.

Gedung Indonesia Menggugat

Tau gak kalau gedung ini kental dengan nuansa sejarah. Kalau kesini, kalian akan melihat banyak foto bersejarah yang ditempel di dinding. Untuk saat ini, Gedung Indonesia Menggugat dijadikan tempat berbagai kegiatan, seperti kegiatan seni, sosial, dan lainnya. datang aja guys  gratis kok, bukanya dari Senin sampai Jumat pukul 08.00-17.00. Lokasinya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung.

Goa Belanda

Dan yang terakhir ada Goa Belanda. Jadi dulu nya tuh gua ini digunain buat tangki penyimpanan air raksasa untuk cadangan musim kemarau. Selain itu, juga sempat dijadikan Stasiun Radio Belanda dan gudang mesiu oleh tentara Indonesia guys. Nah sekarang gua ini sudah aman untuk dijadikan tempat wisata. Jadi nanti yah kalau kalian masuk gua ini ada tiga lorong yang saling terhubung, tapi gak perlu takut tersesat soalnya ada pemandunya kok, pokoknya keren deh. Nah lokasinya itu di Taman Hutan Raya Juanda, Cimenyan, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, jam operasionalnya setiap hari pukul 07.00-00.00. untuk tiket masuknya 15rb aja guys.

Source Source

Leave A Reply

Your email address will not be published.