‘Ocean’s 8’: Giliran geng wanita menyusun rencana

'Ocean's 8' sudah tayang!

0

Tak terasa, sudah sebelas tahun berlalu sejak film ketiga sekaligus film terakhir dari trilogi Ocean’s yang berjudul Ocean’s Thirteen dirilis. Dan kini, kisah legendaris keluarga Ocean kembali menyapa layar bioskop, meski dengan kemasan baru.

Jika trilogi Ocean’s menunjuk Danny Ocean sebagai karakter dan ‘otak’ utama di berbagai tindak kriminal, maka Ocean’s 8 punya Debbie Ocean, saudara perempuan Danny yang juga memiliki ‘hobi’ serupa. Benar kata pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Berbeda dengan trilogi Ocean’s yang menghadirkan sekelompok aktor, sebaliknya, Ocean’s 8 menggaet beberapa aktris ternama dunia untuk memerankan geng perempuan yang gesit melaksanakan siasat dan aksi kriminal mereka.

Geng Ocean’s 8 sendiri beranggotakan Sandra Bullock (Debbie Ocean), Cate Blanchett (Lou), Anne Hathaway (Daphne Kluger), Mindy Kalling (Amita), Sarah Paulson (Tammy), Awkwafina (Constance), Rihanna (Nine Ball) dan Helena Bonham Carter (Rose Weil).

Presenter James Corden juga tampil sebagai pemeran pendukung di film ini.

Di Indonesia, Ocean’s 8 yang disutradarai Gary Ross ini bisa disaksikan di layar bioskop mulai Jumat, 8 Juni 2018.

Ringkasan cerita

Lima tahun berlalu sejak Debbie Ocean mendekam di penjara karena terlibat kasus penipuan. Debbie harus menelan pil pahit dikhianati oleh kekasihnya sendiri yang bernama Claude Becker (diperankan aktor Richard Armitage).

 

Dengan akting pura-pura sedih, akhirnya Debbie bisa mendapatkan pembebasan bersyarat. Lima tahun absen dari aksi kriminal, Debbie belum berniat bertobat dari kebiasaan buruknya itu. Selama lima tahun pula, Debbie sudah merancang sebuah rencana pencurian perhiasan terbesar di sebuah ajang tahunan ternama di kota New York, Met Gala.

Untuk menjalankan aksi fantastisnya itu, tentu Debbie tak bisa sendiri. Karena itulah ia menghubungi Tammy, sahabat lamanya, untuk memulai merancang aksi mereka. Bersama Tammy, Debbie mengumpulkan skuat terbaiknya.

Dimulai dengan merekrut desainer busana yang diambang kehancuran, Rose Weil, yang akan mendandani selebriti papan atas bernama Daphne Kluger. Disusul Nine Ball yang memiliki kemampuan IT super canggih. Ada juga Constance yang dengan tangan lihainya bisa mencuri apapun dan di manapun tanpa ketahuan. Kemudian ada Tammy, sahabat lama Debbie yang juga ahli mencuri dan mengatur rencana.

Bersama, mereka berencana mencuri perhiasan super mewah dan mahal milik Cartier yang ditaksir bernilai US$ 150 juta. Tapi tak sekadar melakukan aksi pencurian, Debbie juga punya ambisi untuk membalas dendam.

Akankah usaha mereka berhasil? Apakah dendam Debbie terbalas?

Highlights

Sebelum menonton film ini pastilah mereka yang sudah khatam dengan trilogi Ocean’s sudah bisa menerka-nerka jalan cerita dan apa yang akan terjadi. Tapi tetap ada sensasi baru yang ditawarkan. Salah satunya adalah dengan kemasan yang serba perempuan.

Deretan para aktris ternama dunia yang berpartisipasi di film ini tentu tak bisa diabaikan. Meski tak semua dari mereka tampil maksimal dan pas. Ingat duet maut George Clooney dan Brad Pitt di trilogi Ocean’s? Kali ini, Sandra Bullock dan Cate Blanchett bisa dibilang melebihi standar pendahulu mereka.

KOMPAK. Duet akting Cate Blanchett dan Sandra Bullock yang menawan dan solid. Foto dari screen capture akun YouTube Warner Bros. Pictures

KOMPAK. Duet akting Cate Blanchett dan Sandra Bullock yang menawan dan solid. Foto dari screen capture akun YouTube Warner Bros. Pictures

Akting keduanya sangat solid dan chemistry-nya sangat terasa. Belum lagi penampilan Sandra dan Cate yang seakan tak pernah menua. Melakukan berbagai aksi tricky di film ini membuat mereka terlihat lebih anggun sekaligus fenomenal.

Karena menghadirkan para tokoh perempuan, maka secara tampilan, film ini memang sangat memanjakan mata. Apalagi mengombinasikannya dengan salah satu event terbesar dan terpenting di dunia, Met Gala, yang memang sejak lama dikenal dengan keglamoran parade fesyennya. Busana, make updan penampilan para aktris patut diacungi jempol. Nyaris sempurna.

FASHIONISTA. Para aktris pemeran 'Ocean's 8' tampil dengan busana dan make up nyaris sempurna. Foto dari screen capture akun YouTube Warner Bros. Pictures

FASHIONISTA. Para aktris pemeran ‘Ocean’s 8’ tampil dengan busana dan make up nyaris sempurna. Foto dari screen capture akun YouTube Warner Bros. Pictures

Tak berhenti di deretan aktris ternama, salah satu unsur yang membuat film ini menarik disaksikan adalah kehadiran para cameo yang tak juga kalah kelas. Beberapa di antaranya adalah Katie Holmes, Serena Williams, Heidi Klum, Kim Kardashian, Kylie Jenner, Kendall Jenner, Olivia Munn dan banyak lagi.

Adegan awal saat proses rekrutmen geng Ocean’s 8 menarik untuk disaksikan. Dengan teknik perpindahan scene demi scene yang cepat, penonton diajak untuk ikut berpikir cepat dan tangkas pula. Yang juga cukup membuat penonton menahan napas adalah saat penentuan apakah aksi mereka akan berhasil atau tidak.

Dan plot twist yang melibatkan tokoh Daphne Kluger juga layak disimak hingga akhir cerita.

Kelemahan

Yang jelas, ceritanya sudah tertebak, karena pasti tidak jauh-jauh dari aksi kriminal dengan perencanaan yang matang. Akting Sandra dan Cate ibarat magnet di film ini. Sayangnya, kurang diimbangi oleh yang lainnya.

Jalan cerita pun seperti sedikit terburu-buru dan membabi buta. Berbeda dengan sutradara Steven Soderbergh yang rapi mengemas ‘kelicikan’ geng Danny Ocean di trilogi Ocean’s, Gary Ross terlihat sedikit kebingungan mengelola talenta para aktris kelas dunia yang terlibat di film ini.

MENCURI. Sukseskah geng Ocean's 8 melancarkan aksi pencurian perhiasan yang telah mereka rancang sedemikian rupa? Foto dari screen capture akun YouTube Warner Bros. Pictures

MENCURI. Sukseskah geng Ocean’s 8 melancarkan aksi pencurian perhiasan yang telah mereka rancang sedemikian rupa? Foto dari screen capture akun YouTube Warner Bros. Pictures

Terutama jika ada masalah atau konflik, seperti buru-buru ingin diselesaikan. Akibatnya suspense atau ketegangan tidak banyak terasa.

Rating

7,5/10

Rekomendasi

Sesuai dengan arahan Lembaga Sensor Film Indonesia, film ini memang ditujukan untuk konsumsi penonton yang berusia 17 tahun ke atas. Tentu alasannya jelas. Selain memang aksi kriminal bukan sesuatu yang terpuji dan boleh ditiru, tapi banyak adegan-adegan berbau dewasa yang memang tak pantas dilihat anak di bawah umur. Jadi, bijaklah untuk menentukan teman menonton Anda.

PREMIERE. Penampilan kedelapan aktris utama saat gala premiere film 'Ocean's 8'. Foto dari akun Instagram @wbpictures

PREMIERE. Penampilan kedelapan aktris utama saat gala premiere film ‘Ocean’s 8’. Foto dari akun Instagram @wbpictures

Rasa-rasanya sebelum menonton film ini ada baiknya Anda menonton ulang beberapa atau seluruh film trilogi Ocean’s. Tapi kalaupun tidak, tidak apa-apa juga. Tapi setidaknya bisa memberikan sedikit gambaran latar belakang kisah hidup keluarga Ocean. Apalagi, ada beberapa pemeran di trilogi Ocean’s yang muncul jadi cameo di film ini. Kalau tidak paham, pasti akan mengurangi sensasi menonton.

Film ini sangat cocok jadi tontonan ringan di akhir pekan atau jelang libur panjang Lebaran tahun ini. Tapi ingat, jangan ditiru, ya!

Rappler.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.