4 Pengaruh Positif Internet Terhadap Dunia Pendidikan, Penting Banget!

0

Di abad 21 sekarang, manusia tak bisa jauh dengan adanya teknologi. Ini tidak bisa dipungkiri lagi betapa teknologi mampu mempermudah segala sesuatu hal dalam aktivitas sehari-hari. Dan teknologi, khususnya gadget, pastilah membutuhkan suatu jaringan internet sebagai barang komplementernya supaya bisa menjangkau segala hal secara universal.

Tak kecuali dalam bidang pendidikan, internet juga memiliki manfaat seperti penjelasan berikut ini.

1. Dapat menjalin komunikasi dengan mudah

Pixabay.com/StartupStockPhotos

Dengan adanya teknologi yang disertai jaringan internet, maka lahirlah perangkat lunak sebagai aplikasi untuk mempermudah berkomunikasi. Begitu pun bagi murid dan mahasiswa, dengan adanya aplikasi ini, mereka pun dengan mudah berkomunikasi secara online dan cepat.

Dampak positif komunikasi online dalam dunia pendidikan ini tidak bisa dianggap remeh. Informasi dengan mudah bisa disebarkan secara dinamis dengan cara membuat grup kelas, di situ mereka mampu menginformasikan hal-hal yang sangat penting dan mendesak. Dan guru atau dosen pun bisa memberi informasi dan berkomunikasi secara mudah dengan para muridnya.

2. Praktik mengajar lebih fleksibel

Di zaman sekarang, guru atau dosen tak lagi mengajar dengan cara menjelaskan panjang lebar yang membuat murid bosan. Melainkan dengan cara presentasi dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet.Selain itu pun ada beberapa guru atau dosen yang memanfaatkan teknologi dan internet dengan cara mengajar melalui email dan media sosial. Ini suatu terobosan baru dalam dunia mengajar bahwa di zaman sekarang proses belajar bisa secara online, tidak melulu di dalam kelas.

3. Mempermudah pihak sekolah untuk berpromosi

Zaman dulu, pihak sekolah atau universitas, khususnya swasta, melakukan promosi dengan membuat baliho-baliho di berbagai tempat yang strategis. Akan tetapi di zaman sekarang, pihak sekolah mampu memanfaatkan teknologi dan jaringan internet dengan cara membuat laman website pribadi.

Dengan membuat laman website sendiri, pihak sekolah atau universitas bisa dengan leluasa mempromosikan diri dengan menyertakan prestasi dan visi-misi sekolah atau universitas untuk menarik para pendaftar. 

4. Mempermudah mendapatkan informasi

Keuntungan utama dengan adanya teknologi dan jaringan internet ialah dengan mudahnya mendapatkan informasi. Begitu pun di dalam dunia pendidikan, murid dan mahasiswa pun dengan mudah mencari sesuatu hal apabila adanya kesulitan di dalam mencari pengetahuan.

Dibutuhkan jaringan internet yang kuat demi mendapatkan manfaat internet untuk pendidikan. Dan kamu bisa mendapatkannya dari 4G Plus IM3 Ooredoo karena jaringan internetnya sudah tersebar di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung membuka link berikut ini https://indosatooredoo.com/4gplus. Kamu pun bisa #MakinKuatInternetan dengan jaringan #4GPlusKuat.

Itulah 4 pengaruh positif jaringan internet dalam dunia pendidikan. Kamu sebagai manusia modern harus mampu memanfaatkan hal ini sebaik mungkin untuk mempermudah segala urusan.

source

Leave A Reply

Your email address will not be published.