5 Tips Agar Tetap Bugar Setelah Libur Lebaran

0

Lebaran adalah momen paling ditunggu-tunggu setelah sebulan berpuasa. Saat lebaran tidak jarang tubuh menjadi lebih melar karena tak kuat menahan aneka makanan khas lebaran. Hal itu tidak bisa dihindari tapi bisa diatasi dengan beberapa tips berikut agar tubuh tetap bugar dan tidak melar setelah lebaran.

1. Tetap lakukan kebiasaan sehat

Saat puasa adalah saat yang pas untuk umat islam menahan diri. Salah satu kebiasaan sehat yang bisa tetap dilakukan adalah menahan diri dari merokok, shisha atau makan, minum dan nyemil berlebihan. Puasa membantu untuk mengurangi kebiasan tersebut dan hal ini patut dipertahankan. Jika saat puasa bisa mengurangi hal tersebut, setelah lebaran kenapa tidak?

2. Kembali berolahraga

Selepas lebaran adalah waktu yang tepat untuk kembali ke rutinitas olahraga. Olahraga dapat membuat kondisi semakin fit setelah sebulan penuh berpuasa. Selain itu, godaan makanan lebaran dapat membuat asupan makanan semakin tinggi, jika tidak diimbangi dengan olahraga tubuh akan semakin melar. Jika tidak mau obesitas atau kenaikan berat badan, cepat-cepat rencanakan dan olahraga dengan teratur.

3. Perlahan-lahan ganti pola makan

Saat berpuasa, pola makan berganti hanya saat petang. Setelah lebaran pola makan akan berganti dari pagi hingga petang. Tahan nafsu makan dalam porsi besar sekaligus walaupun makanan enak sudah tersedia di meja. Makan dan minum secukupnya agar berat badan tubuh tetap terjaga.

4. Perhatikan gula dan garam yang dikonsumsi

Saat lebaran adalah momen yang sangat menyenangkan. Biasanya perayaan tersebut dirayakan dengan makanan yang gurih dan minuman manis. Untuk mengantisipasi kelebihan gula dan garam dalam tubuh, perhatikan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh.

Banyak makanan manis dapat meningkatkan gula dalam tubuh. Makanan asin dapat membuat seseorang susah berhenti makan sehingga kalori yang masuk makin banyak. Kontrol asupan yang masuk dalam tubuh, jangan berlebihan ya.

5. Konsumsi makanan sehat

Saat lebaran, makanan yang disajikan banyak jenisnya dan kandungannya pun beragam. Tak jarang makanan tersebut mengandung lemak yang tinggi. Makan makanan berlemak secara berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh. Sebisa mungkin kurangi makanan yang mengandung lemak yang tinggi.

Tetap konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta minum air putih yang banyak. Buah, sayur dan air dapat membantu menghindari gangguan pencernaan dan sebagai penyeimbang hidangan berlemak.

Itu adalah 5 tips yang dapat diterapkan agar tetap fit setelah lebaran. Di tengah kepungan makanan tradisional yang menggoda, tetap bisa mengontrol diri. Merayakan kemenangan bukan berarti melupakan kesehatan.

source

Leave A Reply

Your email address will not be published.