Adinia Wirasti Menjadi Pendonor Kornea Mata Saat Tutup Usia

0

Kabar mengharukan datang dari pemain bintang film ternama Adinia Wirasti. merasa agar tetap bermanfaat dan berguna saat tutup usia nanti, Adinia telah mendaftar untuk mendonorkan kornea mata miliknya bagi orang yang membutuhkan saat tutup usia nya nanti. Membantu dan berbagi merupakan hal yang sudah sewajarnya dilakukan antar sesama manusia. Bantuan tersebut dapat terwujud alam bentuk apapun, layaknya seperti bantuan yang dilakukan oleh Adinia dengan mendonorkan salah satu anggota tubuhnya.

Adinia pun dipercayakan untuk menjadi duta Help Them To See, oleh Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ). dimana tugasnya adalah mengedukasi, mengkampanyekan, merangkul dan mengajak masyarakat untuk mau menjadi calon pendonor kornea. Setelah resmi menjadi pendonor, kornea mata Adinia Wirasati akan diambil saat ia meninggal dunia. Seperti yang dikatakan oleh Adinia bahwa bagian dari mata yang akan didonorkan adalah bagian lapisan bening di bagian luar mata saja. Kornea ini memiliki fungsi untuk membuat cahaya melewati pupil dan lensa untuk fokus ke retina supaya dapat melihat dengan baik, dilkutip dari Hello Sehat.

Dikutip dari postingan akun instagramnya Adinia mengatakan “Satu hal yang perlu diketahui masyarakat, menjadi pendonor kornea bukan berarti kornea mata diambil saat pendonor masih hidup. Jika kita resmi mendaftar, maka kornea akan diambil tepat setelah kita meninggal dunia. “Tidak sulit menjadi calon pendonor. Lapisan kornea akan diambil setelah kita tutup usia. Keputusan kita akan berdampak besar bagi teman-teman kita yang membutuhkan penglihatan”.

Dikutip dari Kompas.com, donor mata diperbolehkan oleh ketentuan agama oleh Majelis Ulama Indonesia. Hal ini karena ada fatwa MUI yang menyatakan halal mendonorkan mata pada tahun 1979 yang ditandatangani oleh ketua fatwa MUI saat itu.

Masih banyak orang yang salah mempersepsikan donor mata. Jika kita mendonor mata, bukan berarti seluruh mata kita diambil, namun hanya bagian lapisan kornea saja. Proses pengambilan kornea dilakukan paling lambat 12 jam setelah pemiliknya dinyatakan meninggal dunia. Orang yang memiliki kelainan mata seperti mata minus dan silindris dilarang melakukan pendonoran.

Source Source

Leave A Reply

Your email address will not be published.