Beredar Kalung Antivirus Corona, “Itu Cuma Minyak Kayu Putih”

0

Ramai dijual dipasaran, “kalung corona” yang digadang-gadang bisa menyembuhkan corona dibantah langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Ari Fahrial Syam. Beliau menilai bahwa kalung dari pohon kayu putih alias eucalyptus bukanlah obat Corona.

“Jadi saya tidak setuju jika kalung minyak kayu putih disebut sebagai kalung antivirus. Cukuplah disebut kalung kayu putih. Saya berharap riset minyak kayu putih tersebut berlanjut karena minyak kayu putih memang sudah kita gunakan sejak dahulu kala dan juga sampai hari ini untuk berbagai masalah kesehatan,” ujar Fahrial.

Meskipun memang sebelumnya sudah ada penelitian tentang eucalyptus, tetapi penelitiannya sendiri masih berada di tahap in vitro atau tahap laboratorium pada sel dalam tabung. Jadi belum bisa dipastikan bahwa eucalyptus atau minyak kayu putih ini dapat menjadi antivirus corona. Fahrial menambahkan bahwa kita jangan sampai terlalu percaya atau terlalu skeptis, karena masih butuh waktu cukup lama untuk di klaim sebagai antivirus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.