Kiat Penting Untuk Melawan Pembully-an

0

Maraknya bullying tentu sedang dirasakan oleh banyak orang baik perempuan maupun laki-laki. Dengan adanya perbedaan dalam hal apapun baik gaya hidup, strata sosial dsb, hal itu mampu memicu seseorang untuk melakukan bullying. Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan korban bullying untuk mengatasi dan menghadapi hal tersebut.

Dengan  meningkatkan kualitas diri sendiri. Satu hal yang perlu disadari oleh setiap orang dalam berinternet dan menggunakan media sosial adalah “semua orang di dunia maya ini tidak sama, kita beragam, maka meningkatkan dan menyiapkan diri merupakan hal yang sangat penting. Karena tidak semua orang menyukai kita, dan tidak semua orang menerima kita. Hal itu juga sama dengan yang diungkapkan oleh Ferdinandus Setu, Kepala Biro Humas Kemkominfo RI yang turut hadir pada momen itu “”Pertama, meningkatkan kualitas diri dan sudah menyiapkan diri bahwa ketika kita berinternet, bermedia sosial, kita tahu bahwa banyak ragam orang di dunia maya. Tidak semua orang setuju dengan apa yang kita sampaikan. Tidak semua orang setuju dengan apa yang kita punya. Kita harus menyiapkan diri di situ dulu,”.

Karena dengan kesiapan diri kita, tentu tidak akan mudah untuk terpengaruh dengan orang lain, tidak akan terpengaruh dengan ocehan,cacian, ejekan, hinaan yang dilontarkan orang lain dan mental kita pun akan semakin kuat.

Tetap percaya diri dengan menunjukkan versi terbaik dirimu.Dengan  adanya rasa

percaya diri, tentu kita tidak akan mudah terusik dengan omongan orang lain dan mengambil tindakan-tindakan yang dapat merusak diri kita dan juga orang lain.”Bully itu tidak dibalas dengan bully. Jadi, ini yang bikin kenapa mata rantai bully itu terjadi terus. Karena saat dia tadinya jadi korban, lalu pengen ngebales sehingga muter-muter gitu aja,” ujar Adiyat Yori Rambe, perwakilan Komunitas Sudah Dong.

Mengapa hal ini diungkapkan? Karena ada banyak kasus dimana hal itu bermula dari para pelaku yang dulunya adalah korban bully. Oleh karena itu, ketika kita mengalami pembullyian, entah itu hal sangat menyakitkan, tidak perlu untuk dibalas. Tetap tunjukan rasa percaya dirimu dan tunjukan versi terbaikmu. Dengan begitu para pelaku bully juga akan bosan dengan sikapnya padamu yang tidak berpengaruh dihdupmu.

Berani untuk speak up, Jika kalian mendapatkan perundungan bully maka bicarakan hal itu dengan orang lain yang kamu percaya dan laporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib, jangan pendam sendiri karena hal itu dapat berdampak tidak baik pada dirimu. Yori mengatakan, berani bicara saat mengalami bully sangatlah penting karena saat mengungkapkan rasa tak nyaman itulah, pelaku bisa sadar dan merefleksikan kembali perilakunya.

Karena sejatinya berbicara atau curhat dengan orang yang kamu percaya, hal itu juga dapat membantumu untuk mencari jalan keluar yang tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.