Makanan Pedas Bisa Bikin Otak Mudah Lupa

0

Makanan Pedas Bisa Bikin Otak Mudah LupaPastinya tau dong sama satu menu pelengkap yang kalo gak ada, rasanya kaya ada yang kurang gitu. Salah satu menu wajib bagi orang Indonesia ini sekalipun lauk pauknya sederhana seperti tempe goreng atau ikan asin, selama ada sambal yang pedas  itu rasanya enak parah sih, lezatnya jadi luar biasa guys!

Nah kebanyakan orang Indonesia kalau makannya gak ada sambal, minimal harus ada yang pedas gitu. Misalnya telur balado atau makanan yang dibuat dengan cabe melimpah. Hal ini tentu berbeda dengan orang barat. Kalau di barat lidah dan perut mereka gak sanggup makan makanan pedas ala orang Indonesia.  Contohnya jumlah cabe pada gado-gado, ketoprak, dan rujak.  Bagi mereka, 2 buah cabai itu pedasnya minta ampun! 

Kalau 2-3 cabe untuk makan gado-gado, ketoprak, dan rujak itu masih normal lah yah pedasnya, tapi kalau udah  4, 5 dan seterusnya udah agak gawat tuh, siap-siap aja bolak-balik minum air. Tapi hal ini tidak boleh dikomsumsi terus menerus karna bisa mendatangkan efek diusia tua juga nih guys . Berdasarkan  pengamatan terhadap para orang tua yang berusia di atas 60 tahun menunjukkan kecenderungan menurunnya toleransi tubuh mereka terhadap rasa pedas.  

Sebagian besar alasannya karena perut mereka langsung sakit melilit setelah mengonsumsi makanan pedas. Nah selain membakar lidah dan perut, ternyata masakan ekstra pedas itu juga berpotensi menimbulkan penurunan daya ingat loh.  Sederhananya, semakin pedas menu seseorang setiap harinya, maka peluangnya untuk mengalami pikun yang parah semasa tua akan semakin besar.

Hasil penelitian selama 15 tahun pada 4852 orang warga Cina berusia di atas 55 tahun menunjukkan adanya pengaruh nyata antara konsumsi pedas dengan penurunan drastis fungsi otak yaitu demensia (kepikunan).  Efek negatif ini semakin besar pada orang tua bertubuh kurus.

Mungkin kita pernah mendengar bahwa makanan pedas (dan asam) itu bisa menguruskan badan.  Capsaicin pada cabai memang termasuk komponen aktif kimia yang dapat mempercepat laju metabolisme tubuh dan mengurangi lemak serta menghambat penyumbatan pembuluh darah.

Jadi guys kurang-kurangin yah makan makanan pedasnya biar daya ingat kita tetap stabil dan tetap terjaga diusia tua nanti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.