Pantai Pangandaran Bakal Disulap Seperti Pantai di Hawai

Pantai Pangandaran

0

Pantai Pangandaran Bakal Disulap Seperti Pantai di Hawai

Kawan urban kamu kebayang ga pantai pangandaran sebentar lagi bakal di sulap jadi seperti pantai-pantai di Hawai, pasti kamu penasaran banget kan, dan ga sabar banget pengen liburan di pantai pangandaran, nah mendingan dari sekarang kamu siap-siap ajakin temen kamu buat liburan bareng.

Kawan urban ada kabar gembira nih buat kamu, Pemprov Jabar berencana merevitalisasi Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran menjadi kawasan wisata kelas dunia. Bahkan, Pantai Pangandaran diharapkan akan mirip seperti Waikiki Beach di Hawaii sebagai percontohan.”Nanti Pantai Timur dan Pantai Barat Pangandaran akan kita desain sehingga di sana tidak terjadi kekumuhan,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil . Anggaran revitalisasi yang disiapkan sebesar Rp40-65 miliar berasal dari APBD Jabar dan APBD Kabupaten Pangandaran. Proyek itu akan mulai berjalan pada 2019 mendatang dan ditargetkan selesai secepatnya.Setelah direvitalisasi, Pantai Pangandaran diharapkan jadi kawasan wisata bagi semua kalangan, mulai dari kalangan bawah, menengah, dan atas. Di sana akan ada jalur pejalan kaki yang terdapat pohon rindang, tempat duduk, serta beragam keunggulan lainnya.Soal Waikiki Beach yang jadi percontohan, hal itu tidak mutlak. Jika ada pantai lain yang bisa jadi percontohan, maka akan dijadikan contoh.”Mana saja yang baik di dunia ini kita contoh, kita tiru. Ikon (baru di Pangandaran) masih dikonsepkan, belum bisa kita rilis. Tapi (secara umum) anggaran sebagian sudah ada dari provinsi,” jelas Emil.Sementara selain penataan pantai, di sana juga akan dibangun Pusat Budaya Sunda seperti di Ubud, Bali. Bandara Nusawiru juga akan didesain ulang agar bisa membuka penerbangan ke Bandung atau Jakarta untuk melengkapi rencana reaktivasi jalur kereta api Jakarta-Bandung-Pangandaran.

Pasti pantai pangandaran bakal keren banget dan pastinya kita sebagai warga jawa barat bakalan bangga banget kawan urban, nah tapi tau ga kawan urban wakiki beach gimana? nah Waikīkī atau Waikiki (bahasa Hawaii: vɐiˈkiːˈkiː atau wɐiˈkiːˈkiː) adalah nama sebuah kawasan di Honolulu, Hawaii. Kawasan ini dikenal sebagai daerah wisata dan permukiman dengan pantai bernama Pantai Waikiki. Letaknya di sebelah selatan Pulau Oahu. Kawasan Waikiki terbentang antara Kanal Ala Wai di sebelah barat dan utara hingga ke Diamond Head (Lēʻahi) di sebelah timurnya. Nama Waikiki berarti air segar yang menyembur dalam bahasa Hawaii untuk mata air yang mengalir di wilayah tersebut, dan dulu pernah memisahkan Waikiki dengan kawasan pedalaman. Waikiki sejak lama dikenal sebagai tempat wisata. Pada tahun 1800-an, Waikiki sudah menjadi tempat peristirahatan anggota keluarga Kerajaan Hawaii. Pantai Waikiki adalah pantai yang ramai dengan wisatawan. Dari pantai bisa dilihat pemandangan gunung berapi Diamond Head yang sudah tidak aktif. Pantai Waikiki sebenarnya tidak terlalu lebar, dan setengahnya merupakan kawasan untuk berselancar. Hingga agak jauh ke laut lepas, airnya agak dangkal. Di dasar laut terdapat banyak karang, sehingga orang harus berhati-hati sewaktu menginjakkan kaki. Ombak Waikiki cukup besar, terutama pada saat musim angin bertiup kencang. Berselancar di Waikiki terkenal dengan gulungan ombak yang ideal untuk berselancar long boarding, tandem, dan juga bagi peselancar pemula. Pantai Waikiki mengadakan banyak acara sepanjang tahun termasuk kompetisi selancar, pertunjukan seni, tari hula dan lomba kano bercadik.

Semoga Rencana kang emil ini berjalan dengan lancar ya kawan urban, dan Kota Bandung makin juara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.