Perjalanan Sheila On 7: Band Legendaris yang Tuai Prestasi Selama 20 Tahun

Seberapa pantaskah kau untuk kutunggu..

0
Salah satu band legendaris Indonesia yang sampai sekarang masih jadi idaman banyak orang, Sheila On 7, telah turut campur dalam dunia permusikan Indonesia selama 22 tahun. Dalam waktu yang tidak sebentar tersebut, Duta, Eros, Brian dan Adam sebagai personel membuktikan kredibilitas dan konsistensinya dalam bermusik. Walau sempat mengalami perubahan beberapa pemain, tapi kiprah band asal Yogyakarta ini sudah tidak bisa diragukan lagi.

Berawal dari sekumpulan anak SMA pencinta musik, ternyata nama Sheila On 7 yang awalnya adalah Sheilagank ini mampu terkenal sampai sekarang. Lagu-lagu yang mereka produksi pun terbukti berkualitas serta memiliki lirik yang menggugah. Bukan hanya lagu tentang cinta, lantunan soal persahabatan yang mereka buat sukses jadi kesukaan banyak orang.

1. Terbukti tidak menjual hal lain selain karya, tidak heran mengapa Sheila On 7 punya umur yang panjang

Band yang akan berulang tahun bulan Mei ini menjadi tonggak lagu-lagu cinta, keluarga dan persahabatan. Tidak seperti kebanyakan band lain yang menjual tampang, Sheila On 7 konsisten telurkan karya yang luar biasa. Hasil memang tidak pernah mengkhianati usaha, ikut berbagai macam kompetisi sampai akhirnya bisa dikontrak salah satu label rekaman Indonesia tahun 1998 membuktikan bahwa karya Sheila memang patut diapresiasi.

Walau awalnya sempat dipandang sebelah mata karena dinilai ndeso, mereka tetap cuek dan terus melanjutkan kariernya di dunia permusikan Indonesia. Dan, Sahabat Sejati, Berhenti Berharap, Sephia, Lapang Dada, Seberapa Pantas, Pemuja Rahasia, Yang Terlewatkan, Itu Aku, Sebuah Kisah Klasik dan masih banyak lagi adalah bukti karya nyata band Sheila On 7 ini.

2. Sheila On 7 meraih begitu banyak penghargaan sejak tahun 1999
Sheila On 7 – Pemuja Rahasia

 

 

Album pertama mereka yang dinamai sama dengan nama band ini sudah berhasil meraih begitu banyak penghargaan. Mulai dari Sony Music Asia, VMI Viewer’s Choice, VIFA MTV Ampuh, Panasonic Award, Anugerah Music Indonesia, sampai tabloid dan acara televisi Indonesia kala itu turut memilih lagu-lagu dari Sheila On 7 sebagai pemenang. Tahun 1999 saja, ada lebih dari 10 piala yang berhasil Duta dkk kantongi. Belum lagi tahun-tahun berikutnya yang juga adalah tahun keemasan Sheila On 7.

Mulai tahun 1999 sampai 2015, setiap tahunnya Sheila seakan tidak enak kalau tidak membawa pulang piala. Ada lebih dari belasan penghargaan yang mereka terima setiap tahunnya. Mulai dari Lagu Terbaik, Album Terbaik, Band Paling Ngetop, Video Klip Terbaik, sampai Penata Rekaman Terbaik berhasil mereka dapatkan.

3. Bukan hanya lagu atau album, personelnya juga dikenal sangat berbakat hingga raih banyak piala

Perjalanan Sheila On 7: Band Legendaris yang Tuai Prestasi Selama 20 TahunInstagram.com/sheilaon7

Eros sang gitaris menuai beberapa penghargaan dalam kiprahnya di dunia musik. Mendapatkan penghargaan Gitaris terbaik, Eros mengantonginya tahun 2006 dari AMI Awards, dan tahun 2012 sebagai Gitaris Indonesia pertama yang merilis Gitar Fender Signature “Eross Chandra”.

Brian si drummer juga mengalami hal serupa. Dia berhasil mendapatkan penghargaan The 50 Greatest Indonesian Drummers “Brian Kresno Putro” dari Rollingstone Indonesia tahun 2010. Dari tak terhitungnya apresiasi yang mereka dapatkan, sudah tidak bisa diragukan lagi bukan kemampuan band satu ini?

4. Album meroket dan long lasting. Bukan hanya meledak di awal kemudian redup

Perjalanan Sheila On 7: Band Legendaris yang Tuai Prestasi Selama 20 TahunInstagram.com/sheilaon7

Coba kamu ingat lagi, masih sering gak sih orang di sekitar kamu menggumamkan lagu Melompat Lebih Tinggi atau Pasti Ku Bisa? Lagu-lagu tersebut dikeluarkan Sheila pada awal tahun 2000-an yang artinya sudah belasan tahun lalu tapi sampai sekarang masih enak dan relevan saja untuk didengar.

Itu membuktikan bahwa album yang Sheila keluarkan tidak hanya meledak di awal kemudian tenggelam dan tertutup dengan perkembangan musik, melainkan long lasting sampai sekarang. Konsistensi mereka dalam menciptakan lagu yang melekat pada kehidupan sehari-harilah yang membuat band ini gak akan bisa dilupakan.

5. Mengalami beberapa pergantian personel, Sheila On 7 tetap solid

Perjalanan Sheila On 7: Band Legendaris yang Tuai Prestasi Selama 20 TahunInstagram.com/sheilaon7

Anton dan Sakti, adalah dua nama yang harus meninggalkan band ini. Posisinya Anton digantikan oleh Brian. Tidak lama kemudian, Sakti pun harus hengkang demi pendidikan ke luar negri. Posisi Sakti digantikan oleh Risky. Namun karena Risky sibuk dengan band lainnya, Risky pun keluar.

Akhirnya, Sheila On 7 dikenal hanya dengan 4 personel saja yaitu Duta sebagai vokalis, Eros gitaris, Adam basis dan Brian di drum. Walau sempat mengalami pergantian pemain yang epic, belum pernah Sheila mengalami konflik besar antar personel yang menjadi penyebab keluarnya salah satu anggota. Kesolidan mereka sudah terbukti, kalau tidak mereka tidak akan sampai di usia yang sekarang ini.

6. Sheila On 7 terkenal dengan lirik yang sederhana tapi mengandung makna yang dalam di setiap lagunya

Salah satu hal yang membuat band Sheila On 7 selalu melekat dalam hati dan pikiran pendengar setianya adalah karena makna dari lirik yang mereka sampaikan. Sheila konsisten dengan lirik yang sederhana namun berhasil menggugah hati.

Lagu cintanya tidak terkesan gombal, lagu persahabatannya tidak terdengar dibuat-buat dan lagu bertema meraih impian yang mereka bawakan terasa sekali ketulusannya.

Kesederhanaan yang menjadi ciri khas mereka mampu membuat nama Sheila On 7 bertahan sampai sekarang. Melompat Lebih Tinggi, Pria Kesepian, Kisah Klasik, Buat Aku Tersenyum, Saat Aku Lanjut Usia, Tunjuk Satu Bintang, Kita, Sekali Lagi, dan Pilihlah Aku merupakan beberapa lagu yang tak hilang dimakan zaman.

Itu dia sejumput cuplikan perjalanan salah satu band legendaris Sheila On 7 yang sudah berkarya selama 20 tahun lebih. Kamu para Sheilagank, paling suka sama lagu Sheila yang mana?

Stella Azasya | idntimes.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.