Persib Pesta Gol 4-1 saat Jamu Persebaya

0

Laga ‘panas’ Persib Bandung vs Persebaya Surabaya berakhir dengan skor 4-1 dalam laga pekan ke-23 Liga 1 2019 yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (18/10/2019). Gol Persib dibukukan Febri Haryadi (31, 83), Achmad Jufriyanto (40), dan Kevin van Kipersluis (59). Sedangkan gol Persebaya dibukukan Diogo Campos lewat penalti (70). Peluang berbahaya sempat diperoleh tim tamu, Persebaya di menit 4. Peluang ini berasal dari counter attack cepat dari Bajul Ijo usai memanfaatkan perebutan bola di lini tengah. Beruntung, serangan penggawa Persebaya hanya melambung di atas mistar gawang I Made Wirawan. Peluang Persib pun akhirnya sempat muncul dari menit 10. Namun sayang, tandukan Esteban Vizcarra hanya melambung di atas mistar gawang Miswar Saputra.  Sementara itu, hingga menit 12, kontrol bola masih dikuasai skuat Bajul Ijo. Terbukti dua bomber Bajul Ijo, Diogo Campos maupun David da Silva bergantian merepotkan pertahanan Maung Bandung. Bahkan serangan individual David da Silva di dalam kotak penalti di menit 13 hampir merobek gawang Persib Bandung. Enggan berada di bawah tekanan, Maung Bandung mencoba membangun serangan di menit 18. Kali ini, Esteban Vizcarra mencoba peruntungan dengan menanduk bola di dalam kotak penalti. Namun, kembali, sundulannya masih melambung alias off target. Bahkan di menit 20, tendangan langsung gelandang kelahiran Argentina itu masih melambung di atas mistar gawang Bajul Ijo.

Persib kembali memperoleh peluang di menit 22. Kali ini umpan yang dikirimkan Ardi Idrus kepada Febri Haryadi hanya berhasil melewati mistar gawang Miswar Saputra. Namun peluang berbahaya dari Perebaya muncul di menit 25. Permainan David da asilva yang dengan apik mengotak-ngatik lini pertahanan sempat kesulitan melesakkan tendangan. Bola pun dikirimkan David pada Abu Rizal. Beruntung, tendangan Abu Rizal hanya berhasil lambung tipis di atas mistar gawang I Made. Serangan Persebaya belum melemah. Di menit 27, giliran seragan Diogo Campos. Namun tendangan bomber asal Brasil itu masih berhasil ditangkap I Made Wirawan. Persib akhirnya mengakhiri kebuntuan gol di menit 31. Gol perdana Maung Bandung di Stadion I Wayan Dipta tersebut berasal dari tendangan wingger Maung Bandung, Febri Haryadi. Febri yang berdiri bebas berhasil memanfaatkan bola pantul yang sebelumnya ditendang Omid Nazari. Usai berhasil melesakkan gol pertama, Persib tampil lebih percaya diri. Bahkan tendangan bebas dari Kevin van Kipersluis di menit 39 berhasil dimanfaatkan dengan maksimal dua bek Maung Bandung.

Bola yang diterima Nick Kuipers berhasil dikirim kepada Achmad Jufriyanto. Praktis, gol tak terelakan dari sontekan tipis Achmad Jufriyanto kian menambah keunggulan Maung Bandung menjadi 2-0 di menit 40. Jelang lima menit akhir waktu normal di babak pertama, Persib kian tampil lebih dominan. Namun hingga 1 menit waktu tambahan tak ada gol susulan.

Usai turun minum, Persib kembali mencoba mendominasi permainan. Bahkan peluang emas di menit 49 sempat hadir untuk tim asuhan Robert Alberts tersebut. Namun apes, Nick Kuippers yang berdiri bebas tak mampu memanfaatkan peluang. Sundulan bek jangkung asal Belanda itu hanya melambung di atas mistar gawang. Di menit 53, tendangan langsung dari Febri Haryadi sempat membahayakan pertahanan Bajul Ijo. Namun tendangan keras dari pemilik nomor punggung 13 di Persib itu hanya melaju di pinggir gawang Miswar Saputra. Namun, peluang berbahaya dari Febri kembali terjadi di menit 55. Namun bola yang diterima Kevin van Kipersluis hanya membentur mistar gawang. Kembali, dewi fortuna menghampiri Maung Bandung di menit 59. Tendangan bebas cantik dari Kevin van Kipersluis berhasil menghasilkan gol ciamik untuk Maung Bandung. Striker asal Belanda itu berhasil melesakkan gol lewat tendangan melengkung ke pojok gawang yang tak mampu diantisipasi Miswar Saputra. Namun handsball dari Nick Kuippers terjadi di menit 69. Diogo Campos yang menjadi eksekutor tak ingin buang-buang peluang. Bomber asal Brasil itu pun berhasil melesakkan gol ke gawang I Made dan mempertipis jarak gol Persebaya di menit 70.  Di pinggir lapangan, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts baru melakukan pergantian pemain di menit 80. Kali ini Robert memasukkan Ezechiel NDouassel dan menggantikan Esteban Vizcarra di menit 80 demi menambah daya gedor.  Terbukti, Persib kembali mampu menambah pundi golnya. Gol kali ini kembali dilesakkan Febri haryadi di menit 83. Gerakan kilat dari pemain yang karib disapa Bow itu berhasil merobek gawang Miswar Saputra setelah sebelumnya menerima umpan silang Ezechiel NDouassel. Gol kali ini pun menjadi brace Febri di laga kali ini. Di pinggir lapangan, Erwin Ramdani menggantikan Frets Butuan di menit 88. Kemudian disusul Kim Jeffrey Kurniawan yang menggantikan Abdul Aziz. Di tiga menit waktu tambahan ini persib kian menambah tempo. Terbukti, di menit 90+1, Persib hampir menambah pundi golnya. Namun Ezechiel yang memegang bola gagal melesakkan gol. Lagi, Kevin pun sempat melesakan tendangan ke gawang Persebaya. Namun sayang, gol Kevin lebih dulu terjebak offside. Hingga dibunyikannya peluit panjang, skor berakhir 4-1 untuk keunggulan Persib. Dengan kemenangan ini membuat peringkat Persib naik di papan klasemen. Maung Bandung naik ke peringkat 10 dengan torehan 27 poin.

———
source

Leave A Reply

Your email address will not be published.