WHO Menggunakan Tiktok Untuk Melawan Virus Corona

0

WHO melawan hoax soal virus corona pakai aplikasi TikTok guys, keren gak tuh? Jadi hari jumat (28/2) kemaren, WHO buat akun tiktok, tujuannya untuk sosialisasi supaya gak terjadi hoax terkait virus corona. Karna sekarang ini udah banyak banget hoax yang bertebaran dan bisa menimbulkan kepanikan dan kegaduhan dalam masyarakat.

Jadi WHO buat akun tiktok dengan nama @who trus udah langsung terverifikasi centang biru dan akun Tik Tok ini langsung populer dengan 105,6 ribu pengikut & 798,8 ribu likes loh guys. Ada dua konten yang telah ia buat. Nah untuk Kontennya tuh ada 2. Yang pertama tentang cara penggunaan masker yang benar, sedangkan yang kedua tentang cara melindungi diri dari virus corona baru COVID-19.

Nah di video pertama bagian awal di peragain oleh pimpinan teknis bagian Pencegahan dan Pengendalian Infeksi WHO Benedetta Allegranzi. Dalam video itu dimulai dengan informasi mengenai tindakan melindungi diri, seperti cara menjaga kesehatan dan etika saat batuk di tempat umum, contohnya menutup hidung saat bersin dan menghindari kontak dengan orang yang punya indikasi gejala demam .

Nah kalau video yang kedua dipimpin oleh  April Baller dari Health Emergencies Programme WHO yang ngajarin cara pakai masker dengan benar dan hal-hal yang perlu dilakuin sebelum menggunakannya. Menurut pantauan detikcom, video pertama udah ditonton 18,6 juta kali., sedangkan yang kedua udah 13 juta kali.

WHO khawatir kalau informasi hoax ini nyebar dan dipercaya dengan mudah sama masyarakat, jadi bukan cuman lewat TikTok aja, WHO juga nyebarin visual semacam infografis dimedsos lainnya seperti di facebook, twitter, tencent dan instagram juga guys. Jadi bagi pengguna Facebook yang menggulir feed berita juga akan diselipi dengan pesan yang mengarahkan mereka untuk mengunjungi situs web pemerintah untuk informasi tentang virus.

Kalau di Twitter, pengguna dapat melihat pesan “Ketahui Fakta” dan akan diarahin juga untuk mengunjungi situs web CDC untuk “informasi terbaik tentang virus corona novel” ketika mereka mencari konten yang terkait dengan corona. Dan untuk di Instagram kususnya di feed Instagram WHO telah dipenuhi dengan infografis yang menguraikan bagaimana orang dapat melindungi diri dari virus.

Jadi guys buat kalian jangan mudah percaya dulu dan panik sama hoax-hoax COVID-19 yang tersebar.

Source Source

Leave A Reply

Your email address will not be published.