Yuk, Bernostalgia dengan Lomba 17 Agustus yang Selalu Meriah

0

Memasuki bulan Agustus, lagu tersebut sudah mulai sering dimainkan di televisi maupun radio sebagai tanda bahwa peringatan kemerdekaan negara Indonesia akan tiba sebentar lagi. Selain lagu tersebut, peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 17 Agustus juga identik dengan upacara bendera, di sekolah, kantor maupun di istana negara.

Pemasangan bendera juga biasanya dilakukan oleh masyarakat di depan rumah masing-masing sebagai simbol bahwa mereka masih menghargai perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Tapi, hari peringatan kemerdekaan republik Indonesia akan jadi kurang lengkap tanpa adanya lomba 17-an yang biasanya dilakukan setelah upacara bendera.

Selain dapat memeriahkan peringatan hari kemerdekaan, lomba-lomba ini juga dapat mengeratkan hubungan antar masyarakat sekitar dan juga meningkatkan kreativitas serta daya juang pesertanya. Bicara tentang lomba 17-an, ada beberapa lomba nih yang khas banget sama momen peringatan HUT RI, kamu paling suka ikut yang mana?

1. Lomba makan kerupuk.

Tangan diikat ke belakang dan kerupuk digantung di tempat yang lebih tinggi dari peserta sehingga mereka harus mendongakkan kepalanya untuk bisa makan adalah tantangan dari perlombaan ini. Pemenangnya pastinya adalah peserta yang paling cepat menghabiskan kerupuknya. Hati-hati ya, perlombaan ini akan membuat kepalamu jadi capek karena terlalu lama mendongak.

2. Lomba balap karung.

Balap karung merupakan salah satu lomba yang sangat khas dengan peringatan HUT RI. Dalam lomba ini, kamu harus mengenakan karung yang digunakan sebagai “rok”. Karena hanya bolong di satu sisi, maka dari itu kamu harus melompat untuk sampai ke garis finish. Dalam lomba ini, biasanya banyak peserta yang terjatuh karena terlalu terburu-buru dalam melompat. Pemenangnya adalah siapa yang paling cepat sampai ke garis finish, bukan ditentukan oleh banyaknya ia terjatuh atau tidak.

3. Lomba tarik tambang.

Umumnya, dalam satu tim perlombaan ini diisi oleh 5-10 orang. Permainan ini menjadi simbol bahwa merebut kemerdekaan Indonesia tidaklah mudah, sehingga kita harus gigih dan bekerja keras untuk mendapatkan kemenangan. Tim mana yang berhasil menarik tambang hingga ke batas yang ditentukan adalah pemenangnya. Hati-hati ya bila ikut perlombaan ini, bisa-bisa malah tanganmu yang terluka karena kuatnya tarikan tim lawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.