8 TEMPAT NONGKRONG DI BANDUNG BIKIN NAGIH!

8 TEMPAT NONGKRONG DI BANDUNG BIKIN NAGIH!

0

Kawan urban buat kamu yang suka gabut ga tau mau kemana, kita mau rekomendasiin nih tempat-tempat nongkrong yang bikin kamu ketagihan.

1.Hogwarts In Bandung

Kawan Urban pada tau kan menara yang terkenal dalam film Harry Potter, sekarang ada miniatur nya di Bandung, tepatnya ada di ‘Dago Bakery’ . Dago Bakery ini merupakan restoran bergaya Eropa Klasik dan memiliki bangunan menara seperti di film Harry Potter. Nama besar Dago Bakery berawal dari keluaga David Chandra yang gemar membuat kue dan roti, dan dari hobinya tersebut ternyata kue hasil olahannya disukai oleh teman dan orang terdekat lainnya, sehingga kemudian kue dan roti hasil olahannya banyak yang suka, bahkan sering menerima pesanan kue ulang tahun dan kue pengantin dengan brand gloria cakes and taarts, dimana pada saat itu sekitar tahun 1999 masih menjadi industry rumahan saja dan belum membuka store.

Setelah sekian lama memproduksi bakery di rumah, akhirnya pada tahun 2015 keluarga Chandra memutuskan untuk membuka store bakery di jalan Dago, dan kemudian nama Gloria cake and taarts diganti menjadi Dago Bakery. Hingga akhirnya Dago Bakery menjadi sebuah brand besar yang banyak digemari oleh masyarakat luas. Untuk melebarkan sayap bisnisnya, pada kembali membuka store baru bernama Dago Bakery Punclut yang beralamat di Jln. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Berbeda dengan store yang pertama yang focus menjual roti dan kue, Dago Bakery Punclut lebih didominasi dengan menjual jajanan kuliner dengan konsep resto/cafe bergaya Eropa. Dimana desain ala Eropa ini muncul karena sang owner sering bepergian ke luar negeri dan kemudian mengaplikasikannya di resto yang di bangun di Kawasan Wisata Punclut. Bangunan resto didominasi dengan cat berwarna hitam dan memiliki banyak kaca pada setiap ruangan. Namun yang menjadi ciri khas dari bangunan tempat nongkrong di Kawasan Wisata Punclut ini adalah bangunan menara bergaya Eropa yang berdiri megah dan menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung. Ada juga dua pohon besi yang berdiri tegak menjadi ciri khas Dago Bakery Punclut, masih banyak spot foto lainnya dengan efek background seperti sedang berada di Eropa.

Tampilan Dago Bakery Punclut terkesan mewah dan mahal, namun harga aneka menu makanan yang disediakan tidak semahal yang dibayangkan, bahkan café ala Eropa ini merupakan tempat hangout paling murah di Kawasan Wisata Punclut. Jadi buat sahabat kuliner yang ingin merasakan suasana tempat makan di Ciumbuleuit ini tidak perlu takut kemahalan, karena harga menu kulinernya sangat terjangkau.

Kawan Urban kapan lagi bisa foto dengan background Hogwarts.

2.CAFE DAN SPORTS BAR BERNUANSA PERSIB

Kawan Urban, siapa sih warga Bandung yang ga suka Persib klub Bola profesional kebanggaan warga Bandung , kini ada Cafe and Sports Bar yang bernuansa Persib di Kota Bandung. Cafe ini dapat dikunjungi oleh semua kalangan bukan dari fans Persib Bandung tetapi kalangan yang bukan fans dapat berkunjung ke tempat cozy ini.

Cafe bernuansa Persib ini di namakan ‘Area 1933 Dapur & Kopi’ dan terdapat di Lantai 1 Graha Persib, Jalan Sulanjana Nomor 17 Bandung. Area 1933 Dapur & Kopi ini cukup besar dan nyaman dengan kapasitas kursi yang mampu menampung hingga 170 tempat duduk. 1933 Dapur & Kopi juga dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bekerja, mengerjakan tugas, dan aktifitas lainnya. Dua buah private meeting room, masing – masing berkapasitas hingga 10 orang, juga dapat kalian gunakan sebagai ruang pertemuan untuk menunjang kebutuhan bisnis kalian.

1933 Dapur & Kopi juga rutin mengadakan kegiatan nonton bareng. Seluruh area café yang dilengkapi dengan 4 unit smart tv dan 1 buah big screen yang modern bisa digunakan untuk menayangkan siaran langsung pertandingan olahraga, seperti pertandingan sepak bola, Moto GP, Formula 1, basket, tinju, MMA, dan olahraga lainnya. Selain itu area utama 1933 Dapur & Kopi juga bisa dipergunakan sebagai tempat seminar, gathering, konferensi pers, dan kegiatan lainnya.

Menu makanan dan minuman yang disajikan oleh 1933 Dapur & Kopi sangat variatif. Beragam pilihan menu bergaya Indonesia, Asia, dan Western bisa Anda temukan disini. Menu-menu di 1933 Dapur & Kopi juga memiliki nama unik yang berhubungan dengan istilah olahraga sepak bola. Menu makanan seperti Nasi Kartu Merah, Sop Bobotoh, dan Nasi Oncom Geprak Diving yang ditemani Es Kopi Maung, Blue Samba, Bandrek Simaung, dan Es Kopi Biru siap memanjakan lidah kalian. Untuk mendapatkan informasi terkini mengenai aktifitas di 1933 Dapur & Kopi, seperti menu, promo, jadwal nonton bareng dan reservasi, Anda bisa mengikutinya melalui akun instagram dan facebook page @1933dapurkopi.

3.CIKOLE DESA EROPA YANG BERADA DI BANDUNG

Kawan Urban udah pada tau belum sih kalau ada desa beruansa Eropa ada di Kota Bandung, yap desa tersebut adalah ‘Cikole’. salah satu tempat yang lagi hits di Lembang, Bandung ini merupakan tempat wisata paket komplit karena mulai dari penginapan, perkemahan, restoran, hingga area untuk aktivitas outbound bisa kamu temukan di Grafika Cikole. Terletak di kaki gunung dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, tempat wisata seluas 9 hektar ini memiliki udara yang sangat sejuk dengan suhu sekitar 20 derajat celcius. Selain banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, kamu juga bisa mengambil foto-foto yang kece karena tempat ini Instagram-able banget loh!

Jika kamu berniat untuk menghabiskan malam di area Terminal Wisata Grafika Cikole, kamu bisa bebas memilih tempat untuk menginap, mulai dari hotel, pondok wisata, hingga camping ground. Saat berada di Grafika Cikole, kalian tidak perlu takut kelaparan karena ada beberapa makan berkonsep unik, seperti Restoran Sunda Buana, Restoran Sangkuriang, Pendopo Hutan, Aula Bambu, dan Saung Lesehan. Jenis makanan yang disediakan pun sangat beragam, mulai dari masakan Sunda, chinese food, seafood, aneka jajanan tradisional, hingga kambing guling bisa kamu temukan di sana.

Selain menikmati serunya menginap di area hutan pinus yang sejuk, kalian juga bisa menikmati berbagai kegiatan outbound di Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang, seperti flying fox, jembatan tali, jembatan goyang, ATV, berkuda, hingga paintball. Nah untuk kamu yang lagi nyari spot untuk foto pre-wedding, kamu bisa menemukan beragam spot foto dengan view yang menarik dengan nuansa alam perbukitan Lembang di Terminal Wisata Grafika Cikole. Dengan membeli voucher kamu bisa bebas berfoto dengan background hutan pinus, area pondok, kebun strawberry, camping ground, dan masih banyak lagi. Selain untuk foto pre-wedding, kamu yang suka hunting foto juga wajib datang ke sini untuk mendapatkan foto dengan background yang apik dan pastinya Instagram-able banget!

Sudah tidak sabar untuk menikmati serunya berwisata di bumi perkemahan bernuansa alam pedesaan Eropa di Lembang ini?

4.Garden Coffe 294

Kawan Urban ada tempat hangout baru nih buat kalian yang suka ngopi atau nongki bareng temen – temen dengan ditemani suasana asri dan sejuknya alam Bandung, namanya ‘Garden Coffe 294’ . Tempat ngopi satu ini berdiri sejak awal bulan Mei 2018 lalu. Garden Coffee 294 ini mengusung tema tempat ngopi rumahan yang di desainnya sangat homey dan layaknya seperti sedang ngopi di halaman rumah sendiri yang sejuk dan asri.

Garden Coffee 294 ini berada di Jalan Ir. H. Djuanda No. 294 atau sekitar Garden Hostel yang mempunyai perkarangan yang cukup luas. Jadi tak salah jika yang berkunjung ketempat ini merasakan kesejukan dan suasana nyaman layaknya dI tengah perkarangan. Selain suasananya yang cozy, Garden Coffee 294 ini juga cukup instagramable dan cocok untuk dijadikan lokasi photoshoot untuk kalian yang senang berburu tempat kekinian di kawasan Bandung.

Karena mengusung tema tempat ngopi, maka suguhan kopi merupakan sebuah menu andalan yang dihadirkan ditempat ini. Cara penyajian kopinya pun beragam, mulai dari teknik tubruk, V60, kalita, aeropress, blue bottle, hingga Vietnam drip. Untuk kamu yang tak suka kopi, kamu tak perlu khawatir karena tempat ini menyediakan menu non kopi seperti mojito, teh dan frappe. Semua sajian minuman tersebut bisa kamu pilih untuk disajikan panas atau dingin.

Untuk menu makanan, Garden Coffee 294 ini menyediakan menu main course seperti fish, pasta, chicken dan rice box. Jika tak ingin makan makanan berat, kamu bisa pilih menu light meals yang cocok sebagai teman ngopi bersama teman kerja atau teman kongkow kamu.

Yuk buat Kawan Urban yang suka ngopi atau nongki bareng temen – temen bisa di coba rekomendasi tempat ngopi yang lagi hits ini.

5.Minuman Campur Sari Khas Bandung

Kawan Urban udah pada tau belum minuman campur sari khas Bandung yaitu ‘Es Goyobod Kliningan’ . Soal asal usul goyobod bila melihat dari mesin pencari Google, ternyata banyak versinya. Ada yang bilang goyobod itu berasal dari Garut. Ada juga yang menulis Goyobod itu buatan orang Bandung, tapi saat peristiwa Bandung Lautan Api pembuat Goyobod itu pindah ke Garut.

Goyobod sendiri adalah campuran dari hunkue yang dibuat kotak-kotak, serutan kepala, sirop, dan serutan es. Yang membuat goyobod ini terasa berbeda dengan es campur lainnya adalah campuran roti yang dimasukkan ke dalam campuaran tadi. Goyobod biasanya disajikan untuk takjil saat berbuka puasa pada bulan Ramadan.

Perintis Goyobod Kliningan ini adalah Abah. Berdagang sejak 5 maret 2000, kini Abah bisa bisa menjual 2.000-3.000 gelas per harinya. Lebih luar biasa saat bulan Ramadan, goyobod ini bisa terjual dua kali lipat, mencapai 5.000 gelas per harinya.

Goyobod Kiliningan berada di jalan Kliningan B-9 Bandung. Tak jauh dari Jalan Buahbatu. dekat sekolahan, SMKN 4, persis di seberang pintu gerbangnya. Pembeli Goyobod Kliningan ini kebanyakan pelajar. Kawasan Jalan Kliningan yang dekat dengan lokasi beberapa sekolah menjadikan tempat ini jadi tongkorongan pelajar setelah pulang sekolah. Harganya yang terbilang murah Rp 5.000 membuat para pelajar tidak sulit untuk merogoh kantongnya. Harga tersebut kemungkinan bisa berubah tergantung pengelola.

Tenda tempat Gokil tadinya hanya sebuah halaman sebuah rumah. Namun setelah Goyobod Kliningan ini maju melesat, pedagang-pedagang lain bermunculuan, seperti tahu gejrot, batagor, lumpia, dll. Kawasan yang tadinya perumahan ini telah berubah menjadi pusat jajanan serba ada (Pujasera).

6.Roti Gempol, Roti Yang Tak Lekang Waktu

Kawan Urban belum lengkap rasanya apabila mengunjungi Bandung tidak mampir ke ‘Roti Gempol’ . Roti Gempol merupakan salah satu toko roti legendaris yang menawarkan panganan kaya karbohidrat di Kota Bandung. Toko roti ini berada di Jalan Gempol Wetan nomor 14. Tepatnya di belakang pasar gempol, masuknya bisa dari Jalan Tirtayasa. Ya, menjadi salah satu kedai roti yang paling melegenda membuat kedai roti yang berada di kawasan Bandung Wetan ini selalu ramai dipadati pengunjung. Dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB, banyak orang yang membeli Roti Gempol sebagai menu sarapan mereka.

Resep Roti Gempol bermula dari pemilik toko, Lydia Usman Kusmadi yang berasal dari Salatiga. Lydia bermigrasi ke Bandung dan membuka gerai roti di Jalan Gempol sejak 1991. Selain usianya yang tua, Roti Gempol juga dikenal dengan penyajiannya yang masih panas saat dimakan. Selain itu, pembuatannya dilakukan dengan ketangkasan tangan dan tanpa pengawet. Roti bakar menjadi menu andalannya. Dengan isian yang bervariasi, mulai dari isian manis seperti selai kacang dan meises hingga isian gurih seperti smoked beef, telur dan keju dihadirkan di sini. Pelanggan bisa dengan bebas memilih menu roti bakar sesuai selera. Ada dua pilihan jenis roti yang ditawarkan, yaitu roti tawar putih dan roti tawar gandum. Menariknya, ukuran roti tawar buatan Roti Gempol lebih besar dan tebal dibandingkan dengan roti tawar pada umumnya.

Perlu diketahui, selain jenis roti yang dibuat sendiri, Roti Gempol juga menyajikan varian isian, misalnya saja rasa manis yang terdiri dari cokelat, susu, kacang dan selai yang bisa dicampur sebanyak tiga pilihan rasa. Lalu, ada rasa asin yang terdiri dari keju dan telur. Kemudian, ada rasa spesial yang terdiri dari daging dan telor, juga daging dan keju. Yang terakhir ada rasa komplit yang terdiri dari daging, telur dan keju.

Selain roti nya khas dari jaman dahulu ,tempat nya pun tak kalah old school nih, Dekorasi ruangan yang didominasi dengan warna coklat dan material kayu, suasana zaman dahulu sungguh kental terasa. Bagaimana tidak, banyak pajangan yang sudah berumur cukup lama bisa kamu temukan di sini. Bahkan, sofa dan meja kecil yang hanya berjumlah enam buah ini memberikan kesan zaman dahulu yang sangat kuat. Etalase kaca roti yang sudah termakan usia menambah kesan jadul pada bangunan kedai Roti Gempol. Meski ruangan kedai tidak terlalu besar, tapi tempat ini menyediakan kursi plastik tambahan guna menampung pengunjung lebih banyak.

Kawan Urban udah penasaran belum dengan roti seksi satu ini, yuk datang dan ramaikan agar afdol jalan – jalanya di Kota Bandung.

7.Terjebak Nostalgia di Sumber Hidangan

Kawan Urban siapa yang disini suka dengan roti , belum afdol rasanya apabila kalian yang mengaku pencinta roti belum main dan cobain roti khas Bandung dari ‘Toko Roti Sumber Hidangan’ . Toko Roti Sumber Hidangan yang ada di Jalan Braga Bandung ini merupakan salah satu ikon kuliner di kota kembang Bandung. Dikatakan ikon karena toko roti ini sudah ada sejak tahun 1929 dan saat itu tempat ini ramai dikunjungi oleh orang-orang Belanda yang saat itu menetap di Bandung. Keberadaannya yang berada di Jalan Braga, yang saat itu menjadi “pusat mode” dan banyak pula bertaburan toko baju layaknya sebuah kota Paris mini yang ada di Bandung ikut menjadikan Toko Roti Sumber Hidangan ini tak sepi pengunjung.

Saat itu Toko Roti Sumber Hidangan ini memiliki nama ‘Het Snoephuis’, yang lambat laun namanya berubah setelah ada peraturan pemerintah untuk mengganti nama toko/ruko menjadi nama Indonesia agar terlihat rasa nasionalismenya. Jika dibandingkan dengan tempo dulu memang jauh berbeda dari segi tempat dan keragaman menu makanan serta minuman yang ditawarkan oleh toko roti ini. Namun sampai saat ini Toko Roti Sumber Hidangan tetap menyediakan menu roti sebagai andalannya. Dan untuk rasa, toko roti ini tetap juara karena menjaga cita rasa kue yang masih asli dari tahun 1929. Selain itu toko roti ini masih mempertahankan nuansa jaman dulunya sehingga terlihat old school dan classy banget nih Kawan Urban. Dari segi fasilitas Toko Roti Sumber Hidangan ini bisa dibilang sangat minim fasilitas. Ditempat ini hanya tersedia fasilitas kursi dan meja untuk kamu yang ingin menikmati kudapan kue ditempat. Untuk fasilitas parkir kendaraan kamu bisa memarkirkan kendaraan dipinggir jalan raya utama Braga.

Yang mau bernostalgia sambil menikmati roti dengan kualitas rasa yang khas, Sumber Hidangan bisa jadi pilihan buat kamu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.