Takjil tak melulu selalu kolak, 5 jajanan ini bisa jadi referensi buka puasa kamu hari ini

0

Menu takjil buka puasa merupakan menu yang paling dicari untuk melepas rasa dahaga dan lapar setelah seharian berpuasa. Takjil tidak melulu harus kolak, beberapa minuman dan makanan dingin yang belakangan menjadi menu takjil favorit ketika bulan puasa tiba juga tidak kalah enak dan bisa menjadi referensi takjil untuk kamu berbuka puasa nanti.

  1. Es Cendol

Es cendol merupakan salah satu minuman dingin khas Bandung. Minuman ini sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil yang praktis untuk buasa puasa nanti. Es cendol terbuat dari bahan dasar tepung beras, kemudian dicampur dengan larutan daun suji. Untuk menambah kenikmatannya, es cendol selalu disajiikan bersama dengan gula merah dan santan. Bahkan agar lebih spesial, para pedagang selalu menambahkan irisan alpukat atau nangka.

 

  1. Sop Buah

Es yang satu ini juga nggak kalah nge-hits. Bermula dari daerah Bandung, kini sop buah sudah bisa kita temukan dimana-mana. Pada awalnya banyak orang yang kebingungan dengan istilah sop buah, karena yang biasanya kita tahu bahwa sop adalah makanan berkuah dengan rasa yang gurih.

Sebenarnya sop buah tidak berbeda jauh dengan es buah, hanya saja bedanya sop buah menggunakan kuah susu. Isi campurannya juga khusus buah-buahan. Ada buah naga, melon, semangka, mangga, anggur, strawberry, dan nangka. Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang berinovasi dengan menambahkan jelly, parutan keju maupun taburan cokelat.

 

  1. Es Pisang Ijo

Kawan Urban tentu gak asing sama nama es yang satu ini karena es yang satu ini banyak dijumpai dimana-mana. Citarasanya yang manis, menjadi pilihan kenapa banyak orang memilih berbuka dengan es pisang ijo. Tambahkan es serut, jajanan ini akan menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian.

 

  1. Es Kepal Milo

Kawan Urban pasti udah gak asing sama es yang lagi hits ini. Ya, Sesuai dengan namanya, es ini memang menggunakan Milo atau merk susu cokelat ternama sebagai bahan utamanya. Lalu untuk cara membuat es kepal Milo, Milo bubuk ini lalu dicampur dengan susu kental manis cokelat. Setelah tercampur, kemudian dituangkan di atas es serut yang sudah dibentuk kepal. Biasanya sebagai hiasan atau peningkat rasa, ditambahkan topping sesuai dengan yang kamu inginkan. Es kepal ini bisa dijadikan referensi buat buka puasa kamu nanti Kawan Urban.

  1. Es Goyobod

Siapa yang belum pernah mendengar takjil yang satu ini? Minuman tradisional khas Garut Jawa Barat ini memang tidak kalah nikmatnya dengan es lainnya. Meski sudah agak dilupakan orang karena banyak bermunculan minuman modern, namun es goyobod sangat wajib dicoba. Goyobod sebenarnya berasal dari Bahasa Sunda yang artinya basah kuyup. Isi dari es ini terdiri dari kelapa muda, kolang-kaling, potongan roti, peuyem, susu, hunkwe, dan bahan lainnya sebagai pelengkap.

Nah itu dia tadi referensi takjil untuk buka puasa nanti Kawan Urban, jadi mau pilih yang mana?

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.