Keindahan Bebatuan di Curug Batu Templek

0

Curug Batu Templek ini terletak di Pasir Impun, Ujung Berung. Akses jalannya pun mudah, dari Jalan Pasir Impun (Dari arah Cicaheum Belok kiri setelah LP Sukamiskin) Wargi Bandung tinggal terus ke atas sampai ketemu Jalan Pasir Impun Atas lanjut ke atas sampai ke Jalan Cisanggarung. Dari Jalan Cisanggarung Wargi Bandung sudah dekat dengan Curug Batu Templek ini. Daerah Batu Templek merupakan penambangan batu, jadi di arah jalan menuju ke sana menemukan beberapa pengrajin batu alam.

Keunikan Curug ini adalah aliran airnya keluar dari sela-sela bebatuan. Menurut para ahli Batu Templek ini merupakan fenomena menarik khas Cekungan Bandung yang pada ketinggian tertentu air mengalir dari sela-sela batuan beku.  Batu Templek merupakan jenis batuan metamorf yang terbentuk karena perubahan tekanan dan suhu yang tinggi atau panas bumi. Templek, lempeng atau yang lebih dikenal dengan Slate terbentuk dari lempung dan batuan shale. Dinamakan batu templek atau batu lempeng karena batu nya menyerupai lempengan tipis.

Jalanan menuju Curug Batu Templek ini juga cocok untuk dipakai bersepedah, karena udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Sekedar saran Wargi Bandung, untuk yang mau datang ke Curug Batu Templek ini jangan saat musim hujan, karena aliran airnya akan berwarna cokelat.

source

Leave A Reply

Your email address will not be published.