Potret Generasi Baru Hip-Hop Indonesia di Film Dokumenter Southja

0

Luther Putra, seorang videografer yang berasal dari Jakarta baru saja merilis sebuah proyek dokumentasi berjudul “Southja”. Berusaha memberi gambaran mengenai generasi baru di ranah musik hip-hop Indonesia, Luther menyelesaikan proyek ini setelah proses produksi yang memakan waktu hampir setahun lamanya.

Southja” bercerita tentang budaya New School Hip-Hop mulai muncul pergerakannya, nama-nama kreator yang memainkan fungsinya sebagai rapper, DJ, produser, music manager, hingga event organizer dibahas di sini bersama Ariel Nayaka (PreachJa), Laze (Onar), Boyboujee, Ajung Scamy, Sizzlesat (Stucasa), dan FelliaRF (Stucasa).

Dokumenter ini juga menjadi rezam jejak untuk ranah New School Hip-Hop di Jakarta Selatan yang akhirnya mulai diperhitungkan, bahkan berhasil menjadi akses masuk untuk hubungan musisi Indonesia dengan para musisi dan kreator internasional.

No matter what and how, if you keep doing what you’re doing, you’ll be someone one day” quote dari Ajung di salah satu satu cuplikan dokumentasi “SouthJa”.

Irvan Gaza | musiclife at qubicle.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.