5 Sejarah Menarik Tentang Valentine Day

0

Perayaan valentine day atau yang dikenal sebagai hari kasih sayang sudah tidak lasim lagi. Moment yang selalu dirayakan pada tanggal 14 februari tersebut merupakan moment penyebar keromantisan dan suasana bahagia. Namun dibalik romantisme tersebut, terdapat beberapa kisah menarik yang perlu diketahui, yaitu

  • Kisah Santo Valentinus

Kata Valentine mengingatkan pada nama seorang martir yaitu santo Valentinus yang juga adalah seorang imam dan uskup terni dekat Roma. Berawal dari Valentinus menentang kebijakan kaisar romawi Klaudius II tentang Nikah muda yang diberlakukan khusus untuk pegawai kaisar dan mereka yang masih dinas tentara. Menurut kaisar romawi orang yang belum nenikah lebih bisa diandalkan untuk menjalankan tugas karena pikiran atau konsentrasinya belum terbagi. Padahal menurut Valentinus, valentine yakni menikahkan pasangan muda yang jatuh cinta. Karna pertentangan Valentinus tersebut, akhirnya Valentinus dipenjara dan dihukum mati. Saat sudah dipenjara, Valentinus menyembuhkan anak kepala penjara dengan doa yang sangat kuat. Hal itu membuat kepala  penjara merasa berhutang budi kepada Valentinus. Untuk membalas budinya kepada Valentinus, kepala penjara diam-diam menyelundupkan dan membagikan surat surat cinta yang telah dibuat oleh Valentinus kepada generasi muda roma.

Sebelum eksekusi, Valentinus menulis surat terakhir, dalam surat tersebut, bagian akhir frasa dituliskan “From Your Valentine. Maka hal itu menjadi biasa dan terkenal hingga saat ini.

  • Valentine Dimulai sejak abad ke-17

Di Eropa, valentine sudah lama dirayakan, namun di Inggris hal ini baru dimulai pada abad ke 17 dan pertengahan 18. Perayaan valentine jaman dulu diawali dengan pertukaran koin atau surat untuk mengutarakan cinta. Namun hal itu berkembang hingga membuat banyak orang menembak kekasihnya untuk berpacaran dan menikah. Hal itu berlangsung hingga sekarang, dimana valentine merupakan moment yang tepat untuk menyatakan perasaan.

  • Richard Bury

Berawal dari ide cemerlang Richard bury yang memperkenalkan hadiah sekotak coklat pada tahun 1868 untuk diberikan untuk orang yang disayangi. Seiring berjalannya waktu coklat berkembang menjadi kudapan sendiri. Hal ini dimulai pada abad ke 17 saat biji coklat pertama kali dibawah dari Mexico dan Amerika Tengah, Kemudian bangsa eropa mengolahnya menjadi makanan sehari hari. Pada abad ke 19 produksi coklat, permen dll harganya mulai terjangkau dan murah untuk kelas menengah. Semenjak itu semua orang bisa menikmati coklat dan membelinya saat hari valentine.

  • Kartu ucapan

Esther howland dikenal sebagai ibu Valentine Day Amerika karna karyanya dalam membuat kartu ucapan valentine dengan ucapan manis dan desain yang menarik. Selama tahun 1850an dia mendapatkan USD 100ribu pertahunnya atau setara dengan USD 3jt saat ini.

  • Love dan Mawar

Hati dilambangkan sebagai pusat ingatan manusia, dimana perasaan cinta tercatat dengan baik dihati. Selain itu hati juga dipercaya sebagai tempat tinggal jiwa yang murni seorang manusia. Bentuk hati diperkenalkan oleh seniman Prancis dan Itali untuk mengucapkan rasa terima kasih, saat ini berkembang sebagai symbol cinta. Sedangkan mawar merupakan bunga favorit dewi venus atau dewi cinta yang melambangkan perasaan kuat akan cinta. Hal itu membuat banyak orang memberikan bunga  mawar merah untuk mengekspresikan rasa cinta mereka.

Jadi inilah sejarah valentine day yang sering kita rayakan tapi tidak semua yang mengetahui sejarah unik nya. Happy Valentine day!

Source source

Leave A Reply

Your email address will not be published.