5 Tips Sahur agar Tubuh Tak Lemas Saat Seharian Berpuasa

0

Tanpa terasa bulan Ramadan telah tiba. Ibadah puasa Ramadan memang wajib dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Bulan Ramadan biasanya jadi kesempatan untuk memperbanyak ibadah dan berlomba-lomba mendapatkan pahala. Sayangnya, puasa bagi sebagian orang kadang jadi alasan untuk bermalas-malasan.

Padahal dengan cara yang benar, puasa malah bikin tubuh sehat.Selama ini tubuh yang lemas jadi alasan kenapa bermalas-malasan saat puasa. Tubuh lemas ini bisa jadi karena cara atau menu sahur Anda yang salah.

Berikut ini ada lima tips sahur yang benar yang dilansir dari Fimela.com, Sabtu 4 Mei 2019, agar tubuh kita selalu segar walaupun sedang berpuasa.

Yang pertama, makanlah dengan porsi sewajarnya saat sahur. Jangan karena akan puasa, membuat Anda makan tanpa kontrol dan dalam porsi banyak.

Makan berlebihan saat sahur justru bisa membuat tubuh tak berenergi saat puasa. Karena Anda jadi mudah ngantuk akibat terlalu banyak makan.

Lalu kedua, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Selain itu, perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas memasuki siang hari. Hindari makanan berlemak dan pedas.

Ketga, mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga berpengaruh pada kualitas puasa. Saat sahur, coba makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong sehingga mudah lapar.

Selain itu, perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, supaya terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.

Yang kelima , usahakan jangan tidur usai salat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur akan terbuang sia-sia. Dengan lima langkah ini, tentu tak ada alasan tubuh terasa lemas saat berpuasa. 

source

Leave A Reply

Your email address will not be published.