Gagal Juara, 3 Hal yang Harus Diperbaiki Liverpool di Musim Depan

0

Final Liga Champions 2018 Kiev menjadi sebuah mimpi buruk bagi Liverpool. Mereka harus menerima kekalahan 3-1 dari sang juara bertahan, Real Madrid. Tak hanya itu, mereka harus kehilangan sang pemain andalan, Mohamed Salah yang ditarik keluar di babak pertama karena mengalami cedera bahu.

Hasil ini tentunya sangat mengecewakan bagi pelatih Liverpool, Jurgen Klopp karena kembali gagal meraih trofi Liga Champions untuk yang kedua kalinya.

Namun Liverpool tidak boleh tenggelam dalam kegagalan tersebut, dan harus segera melakukan perbaikan. Berikut tiga 3 hal yang harus mereka perbaiki untuk musim depan.

1. Sektor penjaga gawang

Gagal Juara, 3 Hal yang Harus Diperbaiki Liverpool di Musim Depan101greatgoals.com

Final Liga Champions musim 2017/2018 tentunya akan menjadi sebuah kenangan buruk tak terlupakan bagi penjaga gawang Liverpool, Loris Karius. Dua blundernya menjadi penyebab kekalahan Liverpool dari Real Madrid dengan skor 3-1.

Hal inilah yang seharusnya menjadi fokus utama Liverpool di jendela transfer kali ini. Sudah saatnya mereka memiliki seorang kiper kualitas dunia yang juga memiliki mental juara dan pengalaman.

Jika musim lalu mereka mengeluarkan dana besar demi menguatkan posisi belakang dan depan dengan pembelian Virgil Van Dijk dan Mohamed Salah, kini saatnya mereka mendatangkan kiper baru.

Nama-nama kiper hebat saat ini seperti Gianluigi Donnarumma, Jan Oblak ataupun Alisson Backer bisa menjadi opsi target Liverpool untuk musim depan.

2. Kedalaman sebagai sebuah tim

Gagal Juara, 3 Hal yang Harus Diperbaiki Liverpool di Musim Depantwitter.com/LFC

Penampilan Real Madrid dan Liverpool di Liga Champions musim ini memanglah sangat impresif dan layak menjadi finalis. Namun yang membuat kedua klub terlihat sangat berbeda dalam pertandingan final kemarin adalah kedalaman skuat.

Saat Mohamed Salah harus ditarik keluar, Liverpool tidak memiliki pemain pengganti yang sepadan. Sehingga klopp harus membuat sebuah strategi baru. Di sisi lain, Real Madrid begitu kaya akan pemain kualitas top dunia di bangku cadangannya.

Bahkan Gareth Bale yang baru bermian di babak kedua sanggup menjadi bintang dengan mencetak dua gol.

Liverpool memang menjadi klub paling tajam di Liga Champions musim ini dengan 41 gol. Bahkan trio striker, Salah-Firmino-Mane mampu memecahkan rekor sebagai trio paling tajam mengalahkan trio BBC milik Real Madrid.

Sayangnya, pemain Liverpool di bench tak memiliki kualitas yang setara. Dany Ings dan Dominic Solanke belum mampu tampil sesuai harapan.

Hal ini menjadi PR tersendiri bagi Jurgen Klopp di jendela transfer kali ini untuk menemukan pemain-pemain yang mampu menyeimbangkan kedalaman skuat Liverpool untuk musim depan.

3. Memperbaiki mental juara

Gagal Juara, 3 Hal yang Harus Diperbaiki Liverpool di Musim Depantwitter.com/ChampionsLeague

Liverpool memang telah memiliki 5 gelar Liga Champions dan menjadi klub Inggris tersukses di Liga Champions. Namun hal tersebut merupakan kenangan belaka. Final terakhir mereka di Liga Champions terjadi 11 tahun yang lalu.

Tak cukup itu, Liverpool telah puasa gelar dalam waktu yang cukup lama. Trofi terakhir yang mereka dapatkan terjadi pada musim 2011/2012 saat menjuarai Carling Cup.

Hal ini menggambarkan jika Liverpool telah kehilangan mental sebagai klub juara. Apalagi Liga Champions merupakan sebuah kompetisi, di mana pengalaman dan mental juara mampu menjadi pembeda.

Lihat saja bagaimana tim-tim hebat namun belum berpengalaman, seperti Man City dan PSG tak mampu berbicara banyak dalam ajang ini.

Membentuk tim memiliki mental juara memanglah akan membutuhkan waktu. Namun Liverpool bisa memulainya dengan melakukan upgrade pemain di musim depan demi meraih trofi Liga Inggris dan trofi domestik lainnya.

Hal tersebut akan mampu membuat para pemain memiliki kepercayaan diri yang lebih dan membentuk mental juara mereka agar bisa meraih trofi Liga Champions.

Ganjar Firmansyah | idntimes.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.