Siklon Tropis Seroja, Penyebab Banjir Bandang di Nusa Tenggara Timur

0

Cuaca ekstrem di Indonesia lagi-lagi menimbulkan korban. Akhir pekan lalu banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT). BNPB menjelaskan hal tersebut disebabkan oleh badai kekuatan besar yang memicu cuaca buruk, yaitu siklon tropis seroja. Menurut Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, hampir seluruh daerah di NTT terkena dampaknya, namun ada delapan daerah dengan kondisi kerusakan terparah.

Banjir bandang tersebut juga menimbulkan korban jiwa. Menurut data BNPB per Senin (5/4/21), pukul 23.00 WIB, jumlah warga meninggal dunia sebanyak 128 jiwa, korban hilang mencapai 72 orang, dan sebanyak 8.424 warga mengungsi. Selain itu, 1.962 unit rumah warga, dan beberapa fasilitas umum juga terdampak. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, mengatakan angka tersebut masih bisa berkembang.

Presiden Jokowi telah memerintahkan kepala BNPB, kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta panglima TNI dan Kapolri untuk secara cepat melakukan evaluasi dan penanganan korban serta penanganan dampak bencana. Masyarakat juga dihimbau agar mewaspadai peningkatan curah hujan dan memperhatikan peringatan BMKG setempat.

Kawan Urban, tetap berhati-hati yaa. Dan semoga peristiwa tersebut dapat segera terselesaikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.