Tips Jaga Imun Agar Tetap Aman

0

Semakin hari kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat, oleh karena itu penting sekali buat Kawan Urban untuk menjaga imun tubuh. Imunitas tubuh ini ibarat “benteng pertahanan” yang perlu tetap kuat dan terjaga jika ingin terhindar dari ancaman penyakit. Terlebih lagi saat ini pandemi covid-19 belum juga menunjukkan tanda akan usai dan kita sudah harus beradaptasi melakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap memperhatikan kesehatan. Selain menerapkan protokol pencegahan, penting juga untuk meningkatkan imunitas tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit.

Berikut adalah tips menjaga imun kita agar tetap aman :

1.      Biasakan makan makanan sehat dan konsumsi vitamin

Nutrisi yang tepat sangat penting bagi kita,maka dari itu kita perlu untuk mengkonsumsi asupan yang sehat, tujuannya agar sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik. Apa yang kita konsumsi, bisa sangat mempengaruhi kesehatan. Namun pada beberapa kondisi, asupan vitamin dari makanan saja belum bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh. Salah satu vitamin yang tidak boleh sampai kurang asupannya adalah vitamin C. Menurut ulasan yang diterbitkan di jurnal Nutrients, kekurangan vitamin C dapat menurunkan imunitas tubuh hingga rentan terkena infeksi penyakit.

2.      Rutin berolahraga

Kita bisa lakukan work out di rumah atau sekedar lari pagi di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Menurut ulasan yang dimuat di Frontiers in Immunology,olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kronis (seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung), serta infeksi akibat virus dan bakteri. Jadi, pastikan untuk menyempatkan diri berolahraga setiap harinya, jika ingin imunitas tubuh tetap terjaga.

3.      Berjemur, Matahari pagi itu menyehatkan loh!

Berjemur dibawah sinar matahari pagi dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas untuk mencegah paparan virus Corona. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.   Dan gak hanya menyehatkan, sinar matahari pagi juga dipercaya mampu memberikan rasa bahagia. Ini disebabkan oleh lebih banyaknya produksi hormon kebahagiaan yang disebut serotonin. Jadi, jangan takut lagi dengan sinar matahari.

4.       Tidur yang cukup dan berkualitas

Tubuh kita juga perlu istirahat, dan dengan tidurlah kita mengistirahatkan tubuh. Tubuh manusia membutuhkan waktu tidur yang lama untuk memulihkan dan meremajakan, menumbuhkan otot, memperbaiki jaringan dan mensintesis hormon. Selain itu tidur yang cukup juga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. 

5.      Menjaga kebersihan

Saat ini virus bisa saja terpapar dimana-mana, oleh karenanya wajib bagi kita untuk menjaga kebersihan. Selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Selalu membersihkan kamar dan jangan lupa mengganti sprei kasur dan bantal seminggu sekali.

6.      Dengarkan lagu-lagu yang menyenangkan

Musik memiliki manfaat yang membuat kita mengatasi atau mengelola stres. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stres yang dialami dibandingkan mereka yang tidak. Ini karena mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Oleh karena itu, bagus banget untuk kita mendengarkan lagu-lagu yang menyenangkan di masa pandemi seperti ini.

7.      Tetap bahagia

Yang terakhir dan yang paling penting adalah kita harus tetap bahagia. Mulailah dengan mensyukuri hal-hal yang sederhana, sesederhana saat kita bernafas. Jangan terlalu banyak berpikir, pokoknya anggap hidup kita adalah sebuah berkah. Dan jangan lupa tersenyum yah Kawan Urban 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.